Senin, 25 Oktober 2010

Kedelai Cegah Kambuhnya Kanker Payudara

KEDELAI yang menjadi bahan dasar beberapa bahan makanan seperti kecap, tahu, dan tempe ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah kembalinya sel-sel kanker, terutama kanker payudara.

Isoflavon dalam kedelai memiliki kemiripan struktur kimia dengan estrogen sehingga mampu berperan seperti halnya estrogen di dalam jaringan tubuh. Jumlah orang yang mengonsumsi isoflavon kedelai yang dapat ditemukan pada berbagai produk berbahan dasar kedelai telah telah mengalami peningkatan akhir-akhir ini. Dan, muncullah kekhawatiran tentang efek konsumsi kedelai terhadap reseptor estrogen dan progesteron positif pada perempuan penderita kanker payudara karena perkembangan tumor bergantung pada estrogen.

Dalam sebuah penelitian di Rumah Sakit Kanker Universitas Ilmu Kesehatan Harbin di China, para ilmuwan melibatkan 524 perempuan yang telah mengalami operasi kanker peyudara 5-6 tahun sebelumnya. Karena kurangnya pemahaman mengenai efek isoflavon kedelaiterhadap pasien kanker payudara yang menjalani terapi endokrin adjuvan, para ilmuwan pun berusaha mengetahuinya melalui penelitian ini.

"Pada pasien menopause, bila dibandingkan dengan yang memiliki asupan kedelai terendah (kurang dari 15,2 mg/hari), mereka yang sering mengasup kedelai (lebih dari 42,3 mg/hari) ternyata memiliki risiko lebioh rendah mengalami penyakit itu kembali," kata Dr Qingyan Zhang.

"Tingkat kekambuhan kanker payudara estrogen dan progesteron-positif lebih rendah 12,9 pc lebih di antara pasien dengan asupan isoflavon kedelai tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang asupannya 18,7 pc lebih rendah," terang mereka.

Namun, secara keseluruhan tidak ada efek pada kelangsungan hidup pada perempuan menopause dan tidak ada hubungan antara asupan kedelai dan kelangsungan hidup pada perempuan pramenopause.

Studi ini telah diterbitkan dalam CMAJ (Canadian Medical Association Journal) edisi Oktober 2010. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di WebPuisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.