Senin, 25 Oktober 2010

Makanan untuk Diet Sehat dan Tubuh Tetap Fit


MAKANAN yang kita makan menentukan kesehatan fisik dan emosional. Selama ini, Anda mungkin sudah sering mendengar istilah pola makan sehat. Tapi, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan penerapannya.

Pola makan sehat berarti merencanakan diet yang menyertakan kombinasi dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dalam jumlah cukup. Diet sehat harus terdiri atas tiga kali makan utama dan dua kali kudapan, dengan menu yang berasal dari setiap kelompok makanan setiap harinya, termasuk semua mineral dan vitamin penting.

Merencanakan diet dengan memerhatikan poin-poin tersebut, membantu tubuh tetap bugar, sehat, dan aktif. Selain itu, diet sehat membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi sebagaimana mestinya, menjaga berat tubuh tetap stabil, dan Anda tetap berenergi.

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh membutuhkan air, elektrolit, vitamin, garam mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Diet seimbang harus memasukkan menu dari kelompok makanan tertentu dalam jumlah cukup, misalnya:

Padi-padian
Padi-padian termasuk gandum, berat, oat, dan sereal. Produk-produk makanan ini mengandung karbohidrat yang berperan dalam memberikan energi. Kebutuhan standar sereal bagi tubuh adalah enam sampai delapan sajian perhari.

Produk olahan susu
Produk olahan susu termasuk yogurt, keju, dan susu, kaya akan kalsium.

Buah dan sayuran
Santan buah segar dan sayuran yang dimasak sebentar untuk meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh. Menu harian Anda harus terdiri atas dua sampai empat sajian buah dan sayuran segar.

Telur, ikan, ayam, kacang, daging
Seluruh jenis makanan tersebut kaya akan protein yang berguna untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi tubuh. (LI/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.