Selasa, 13 Juli 2010

4 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil


Pada masa kehamilan kesehatan ibu dan bayi adalah hal utama. Dengan kondisi tubuh ibu yang sehat, janin juga akan berkembang dengan optimal. Untuk itu kebutuhan nutrisi harus selalu dipenuhi. Menurut dr. Noroyono Wibowo, ahli kandungan, dalam rilis Sari Husada, penting bagi orangtua untuk memeriksakan kesehatan sebelum memutuskan untuk memiliki anak.

Hal itu untuk mengetahui kemungkinanan terburuk sejak dini agar segera bisa diatasi. Salah satu hal penting yang harus diketahui calon ibu untuk menghindari hal buruk saat kehamilan adalah empat nutrisi utama untuk ibu hamil yang disebut ADIK (Asam folat, DHA, Iron, dan Kalsium). Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi berikut agar kandungan selalu sehat dan ibu tetap fit.

1. Asam Folat

Asam folat masuk dalam kelompok vitamin B yaitu B9. Pada ibu hamil, asam folat sangat diperlukan terutama pada trimester pertama dalam pembentukan sel syaraf janin. Kebutuhan asam folat bagi ibu hamil mencapai 600 mg/ hari. Bahan makanan yang mengandung asam folat tinggi yaitu sereal, aspargaus, bayam, brokoli, kacang merah dan hati.

2. DHA (Docosa Hexanoic Acid)

DHA adalah komponen asam lemak utam pada otak dan berhubungan erat dengan pertumbuhan otak janin. Asupan DHA untuk ibu hamil yang disarankan adalah 200-300 mg/hari. DHA banyak ditemukan pada ikan laut, kuning telur dan susu.

3. Iron atau zat besi

Zat besi adalah zat yang membawa oksigen dalam darah. Pada waktu hamil, zat besi juga dibutuhkan untuk pembentukan plasenta pencegah anemia, kelahiran prematur serta bayi dengan berat badan rendah. Kebutuhan zat besi ibu hamil adalah 33 mg/hari. Sumber zat besi bisa Anda dapatkan pada gading sapi, udang, kerang, bayam, kacang merah dan roti gandum.

4. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Bila kalsium yang dikonsumsi ibu hamil kurang, maka kebutuhan kalsium janin akan diambil dari tulang ibu. Sesduah melahirkan asupan kalsium diperlukan selain untuk memnuhi kebutuhan ibu juga untuk menggantikan kalsium yang diambil dari tulang semasa hamil. Kebutuhan kalsium ibu hamil mencapai 950mg/hari dan bisa didaptkan dengan mengonsumsi susu atau suplemen kalsium.



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive