Minggu, 18 Juli 2010

Arus Informasi Pacu Anak Tumbuh Lebih Cepat

Peran serta orang tua sangat diperlukan dalam masa tumbuh kembang anak. Sebab, anak-anak cenderung menirukan apa yang mereka lihat.

Menurut psikolog anak, Meyka Sukmana, orang tua berkewajiban mendampingi anaknya dalam masa tumbuh kembang.

Selain itu, orang tua sebaiknya ikut membimbing anak agar tetap aktif, karena perkembangan arus informasi yang begitu pesat dapat mempengaruhi perkembangan anak. Hal itu sedikit mengkhawatirkan, karena anak akan tumbuh dengan cepat sebelum waktunya.

"Seharusnya ada hubungan interaktif antara orang tua dan anak, dan sebaiknya anak memang berkembang sesuai dengan usianya," ujar Meyka saat ditemui VIVAnews di acara 'Dan Kaupun Anak Indonesia' di Kuningan, Jakarta belum lama ini.

Untuk mengalihkan perhatian anak dari berbagai hiburan yang tak sesuai dengan usianya, orang tua juga bisa mengenalkan budaya Indonesia pada anak. Tentunya, dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

"Tujuannya untuk identitas diri anak Indonesia dan sebenarnya bukan hanya anak tapi orang tua juga disadarkan akan kekayaan budaya Indonesia," ujar Meyka.

Salah satu cara untuk mengenalkan budaya Indonesia itu juga dilakukan oleh Nestle Dancow. Program tersebut dilakukan melalui persembahan lagu anak-anak, cerita rakyat, buku mewarnai dan film dokumenter yang disutradarai oleh Garin Nugroho dan penerbit buku Mizan.

"Saat sedang beraktivitas, ajak juga si kecil untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan budaya Indonesia agar mereka bisa menghargai perbedaan juga," kata Meyka. (adi)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive