Jumat, 28 Mei 2010

Bau Badan Seringkali Hanya Hayalan


TIDAK percaya diri meskipun teman atau pasangan Anda telah meyakinkan bahwa tubuh Anda sama sekali tidak bau? Kemungkinan Anda mengalami olfactory reference syndrome, kondisi kejiwaan yang ditandai dengan keyakinan salah bahwa tubuh mengeluarkan bau tidak sedap.

Kondisi ini, menurut Katharine Phillips MD dari Rhode Island Hospital, sangat umum terjadi."Para paisen sangat menderita," terang Phillips, seperti dikutip situs webmd.com, Selasa (25/5)."Mereka dikuasai oleh keyakinan bahwa mereka mengeluarkan bau kotor atau busuk, padahal sama sekali tidak dicium oleh orang lain."

Gangguan ini, terang Phillips, sudah ada selama lebih dari satu abad. Akan tetapi, kondisi ini sangat jarang diteliti. Karena itu, Phillips beserta teman-temannya memeriksa gambaran olfactory reference syndrome pada 20 pasien yang berobat di Rhode Island Hospital.

Rata-rata pasien berusia 33 dan 60 persennya adalah perempuan. Para partisipan ini mulai mengalamia gejala sejak usia 15 atau 16 tahun.

Waktu terbuang

Secara umum, pasien menghabiskan tiga hingga delapan jam sehari untuk memikirkan bau badan mereka."Mereka memiliki pikiran seperti 'badan saya bau' atau 'orang-orang pindah karena saya bau'" papar Phillips.

Sekitar 85 persen pasien sangat yakin bahwa mereka mengeluarkan bau yang tidak sedap, padahal sama sekali tidak benar. Sekitar 75 persen berpikir bahwa orang lain memperhatikan mereka, menyalahartikan tindakan sederhana orang lain, seperti menggaruk hidung atau ingin membuka jendela karena ruangan pengap.

Seain itu, 44 persen pasien mencari pengobatan nonkejiwaan untuk mengatasi bau badan mereka, termasuk kunjungan ke gastroenterologist (ahli pencernaan), dokter gigi, dan dermatolog."Biasanya, pengobatan tersebut tidak menghilangkan kecemasan mereka mengenai bau badan," terang Phillips. (IK/OL-08)


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive