Jumat, 28 Mei 2010

Postur Yoga Ampuh Atasi Depresi


STRES berkepanjangan? Cobalah melakukan yoga. Cara ini, menurut temuan studi, bisa membantu mengatasi depresi.

Studi yang melibatkan partisipan tanpa gangguan kejiwaan ini menemukan, yoga menghasilkan perbaikan mood yang lebih besar dibandingkan berjalan. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat yoga tidak hanya dari aktivitas fisik semata.

"Kami meyakini bahwa yoga membuat orang merasa lebih baik dengan cara meningkatkan kadar GABA, zat kimia otak yang mengurangi depresi. Dan zat kimia ini tidak bekerja dengan baik pada penderita cemas," tutur pemimpin studi Chris C. Streeter MD dari Boston University School of Medicine, seperti dikutip situs webmd.com, Rabu (26/5).

Perbaikan mood
Dalam studi ini, peneliti mempelajari 19 partisipan yang melakukan Iyengar yoga, satu tipe yoga Hatha. Selain itu, peneliti juga melibatkan 15 partisipan lain yang berjalan dengan kecepatan rata-rata selama satu jam, tiga kali seminggu, selama 12 minggu.

Partisipan diminta mengisi kuesioner standar mengenai suasana hati mereka sepanjang studi. Selain itu, otak mereka juga dipindai dengan MRI di awal dan di akhir studi. Selanjutnya, partisipan diminta menambah satu jam yoga atau jalan kaki, bergantung kepada kelompoknya, diikuti dengan pemindaian sekali lagi.

Orang-orang yang melakukan yoga melaporkan perbaikan mood dan penurunan tingkat kecemasan yang lebih besar dibandingkan kelompok yang berjalan. Selain itu, partisipan dari kelompok yoga juga mengalami peningkatan kadar GABA dari hasil pemindaian kedua hingga ketiga.

Menurut Streeter, selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) umumnya digunakan untuk mengatasi depresi dan gangguan mood lainnya serta meningkatkan kadar GABA.

"Meskipun studi hanya melibatkan orang-orang tanpa gangguan kejiwaan, temuan ini menunjukkan bahwa postur yoga bisa membantu mengatasi depresi, kecemasan atau kadar GABA yang rendah." (IK/OL-08)


Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive