Jumat, 21 Mei 2010

Yuk, Imunisasi Saat Dewasa!


Tahukah Anda bahwa ternyata orang dewasa juga memerlukan imunisasi? Ya, tidak hanya anak-anak yang memerlukan imunisasi. Tak banyak yang tahu bahwa individu dewasa pun sebaiknya diberikan imunisasi.

Selain berfungsi sebagai salah satu pencegah penyakit yang paling sukses dan efektif, imunisasi juga terbukti telah menurunkan angka kesakitan dan kematian pada masyarakat pada umumnya.

Kebijakan imunisasi di Indonesia masih mengutamakan bayi dan anak-anak, sehingga membuat peranan imunisasi dewasa menjadi terabaikan. Selain itu, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat pada imunisasi dewasa.

Untuk itu, sejak tahun 2003, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) telah menghasilkan konsensus imunisasi pada orang dewasa, sehingga diharapkan terjadi peningkatan kesehatan dari hasil sosialisasi imunisasi pada individu dewasa.

Diharapkan dengan imunisasi, maka terbentuklah kekebalan terhadap penyakit tertentu sehingga di masa depan diharapkan bahwa penyakit tersebut akan tidak ada lagi secara global.

Tujuan imunisasi adalah memberikan suatu memori dari adanya suatu patogen tertentu atau toksin sehingga bisa meningkatkan derajat imunitas dan memberikan proteksi imun.

American Society of Internal Medicine menyatakan, sebenarnya imunisasi dewasa bisa mencegah kematian sepuluh kali lipat dibandingkan dengan anak. Tetapi sangat disayangkan bahwa pemberian imunisasi dewasa masih banyak mengalami kendala.

Sebenarnya, mengapa orang dewasa masih tetap membutuhkan imunisasi? Hal ini disebabkan beberapa hal. salah satunya karena pemberian imunisasi pada saat kecil tidak dapat menjamin adanya kekebalan untuk seumur hidup.

Selain itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), imunisasi membuat kita sehat dan sama pentingnya dengan diet dan olahraga dalam menjaga kesehatan serta aman dan efektif. Dengan demikian, imunisasi bisa menjaga kesehatan, sehingga biaya perawatan penyakit akan lebih murah dan produktivitas tetap terjaga.

Beberapa fakta yang mendukung pentingnya imunisasi dapat terlihat dari tingginya angka kematian akibat influenza hingga 360.000 dan 200.000 kasus rawat inap yang terjadi di Amerika Serikat. Selain itu, dua strain Human Papilloma Virus menyebabkan sekitar 70 persen kanker serviks, bahkan pada infeksi virus Hepatitis B dan komplikasinya telah menyebabkan 5000 kematian setiap tahun.

Sebenarnya imunisasi apa saja yang dapat dilakukan pada individu dewasa? Beberapa di antaranya adalah vaksin influenza, pneumokokus, hepatitis B, Yellow Fever juga Human Papilloma Virus (HPV). Selain itu, masih banyak yang sedang dikembangkan agar dapat bermanfaat bagi kesehatan bersama.

Untuk itu, pergunakanlah manfaat imunisasi bagi Anda para individu dewasa, sehingga Anda pun merasakan manfaat dari imunisasi terhadap kesehatan Anda.



Sumber
KOMPAS.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive