Kamis, 27 Mei 2010

Kapan harus curiga demam berdarah?

Halo Laboratorium Klinik Cito, saya senang sekali adanya rubrik tanya jawab ini. Saya seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Akhir-akhir ini, demam berdarah sedang mewabah. Sebagai seorang ibu, saya khawatir juga kalau anak saya terserang penyakit tersebut. Yang ingin saya tanyakan, kapan saya harus mencurigai demam itu adalah demam berdarah? Apakah demam berdarah itu disebabkan oleh nyamuk atau virus? Lalu bagaimana pertolongan pertamanya? Terima kasih atas jawabannya.

Ibu Diah, Solo

Terima kasih atas pertanyaannya. Demam berdarah (dengue hemoraghic fever) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Biasanya muncul dalam bentuk demam. Beberapa penderita mengalami perdarahan sampai syok

Demam berdarah harus dicurigai saat terjadi demam secara mendadak. Demam tinggi 39 ºC – 40ºC yang disertai sakit kepala hebat, sakit di belakang mata, badan ngilu, bercak merah di kulit serta mual atau muntah. Demam akan terjadi selama lima hari hingga sepekan. Pada beberapa penderita, demam akan turun di hari ketiga atau keempat (justru saat inilah disebut saat kritis). Oleh karena itu, apabila mengalami demam mendadak tinggi selama tiga hari, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk berkonsultasi.

Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan darah lengkap. Hasil laboratorium yang khas adalah terjadi peningkatan kadar hemoglobin (Hb) dan hematokrit (Hct) disertai penurunan jumlah trombosit (kurang dari 150.000). Perubahan tersebut biasanya terjadi pada hari ketiga hingga kelima demam.

Pertolongan pertama saat demam tinggi, seseorang harus istirahat, pada anak berikan minum 4-6 gelas per hari, di samping air putih dapat diberikan teh manis, sirup, jus buah, oralit dan lain-lain. Pada orang dewasa lebih dari 8 gelas tiap hari untuk mengimbangi hilangnya cairan dari pembuluh darah. Berikan obat penurun panas (paracetamol). Apabila dijumpai tanda kegawatan yaitu: anak tampak lemas, penurunan kesadaran, badan dingin terutama tangan dan kaki, muntah terus menerus, kejang, mimisan, perdarahan lain. Segera anak dibawa kembali ke rumah sakit.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.


Sumber
Solopos.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive