Kamis, 27 Mei 2010

Vaksin untuk membantu berhenti merokok

Michigan– Peneliti dari Universitas Negeri Michigan (MSU), Amerika Serikat, melakukan pengujian terhadap vaksin baru untuk membantu orang berhenti merokok dan menghindari kambuh kembali.

Penggunakan vaksin ini merupakan pendekatan baru untuk kecanduan merokok. Vaksin yang disebut NicVAX ini sedang dikembangkan dan diproduksi oleh Nabi Biopharmaceuticals of Rockville. Jonathan Henry, profesor di Jurusan Psikiatri MSU memimpin uji klinis ini, seperti dilansir tempointeraktif.com, Selasa (25/5).

“Menggunakan vaksin untuk mengobati ketergantungan nikotin adalah salah satu pendekatan yang paling unik untuk berjuang melawan kecanduan,” ujar Henry. “Kami sangat berharap strategi ini akan membantu perokok menghentikan kebiasaan itu.”

Vaksin ini bekerja dengan mencegah perokok dari “perasaan enak” kala merokok. Ketika nikotin memasuki aliran darah, dengan cepat melintasi penghalang darah-otak, memicu pelepasan stimulan seperti dopamin yang memberikan perokok dengan sensasi positif, akhirnya mengarah pada kecanduan.

NicVAX merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi yang mengikat dan mencegah nikotin melintasi penghalang darah-otak, pada dasarnya mencegah sensasi kenikmatan yang sangat adiktif yang dialami para perokok.

Pembuat vaksin berharap upaya pencegahan ini akan membantu orang berhenti merokok, dan karena antibodi tetap dalam aliran darah selama beberapa bulan, vaksin tersebut dapat efektif dalam mencegah kambuh. Dengan terapi penghentian merokok saat ini, tingkat kambuh dapat mencapai 90 persen pada tahun pertama setelah berhenti merokok.

Selama percobaan klinis, peserta akan menerima vaksin beberapa kali dalam jangka waktu 12 bulan. Usia peserta 18-65 tahun yang merokok sedikitnya 10 batang per hari dan termotivasi untuk berhenti. Hasil dari studi plasebo terkontrol diharapkan akan tersedia pada awal tahun 2012.



Sumber
Solopos.com


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive