Kamis, 13 Mei 2010

Lembur Pertinggi Serangan Jantung


SERING kerja lembur? Ada baiknya tidak memaksakan diri. Menurut peneliti, orang-orang yang bekerja lembur sebanyak tiga jam atau lebih sehari berisiko 60 persen lebih besar mengalami kematian akibat penyakit jantung dan serangan jantung.

"Waspadailah risiko potensial dari kerja lembur," tutur penulis studi Marianna Virtanen, seorang epidemiologist dari Finnish Institute of Occupational Health di Helsinki.

"Kita belum mengetahui pasti berapa lama durasi kerja lembur sebelum akhirnya mengganggu kesehatan kardiovaskular," tambah Virtanen, seperti dikutip situs healthday.com."Kerja lembur dalam jangka pendek kelihatannya tidak membahayakan kesehatan."

Dalam studi yang dipublikasikan di European Heart Journal, Rabu (12/5) ini, tim Virtanen mengumpulkan data lebih dari 6.000 pegawai pemerintah di Inggris. Selama 11 tahun masa follow-up, 369 partisipan meninggal akibat penyakit jantung atau karena serangan jantung atau angina.

Apa penyebabnya? Mekanisme peningkatan risiko ini, terang Virtanen, kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, stres, depresi dan kurang tidur."Orang dengan jam kerja panjang cenderung mengabaikan gejala awal dan cenderung tidak melakukan pemeriksaan fisik ke rumah sakit."

Kepribadian tipe A
Meskipun mekanisme bekerja lembur dalam meningkatkan risiko gangguan jantung belum diketahui sepenuhnya, tim Virtanen berspekulasi bahwa orang-orang yang memilih bekerja lembur kemungkinan termasuk orang yang dikenal dengan kepribadian tipe A. Hal ini membuat mereka lebih agresif, kompetitif, tegang, menghargai waktu dan secara umum kurang bersahabat.

Selain itu, terang peneliti, ada kemungkinan bahwa orang-orang yang memiliki kebebasan membuat keputusan mengenai kerja lembur, memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah, bahkan jika mereka bekerja lembur. Di samping itu, lanjut peneliti, ada kemungkinan lain bahwa stres kronis terkait jam kerja yang panjang mempunyai efek buruk terhadap kesehatan. (IK/OL-08)


Sumber
MediaIndonesia.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive