Rabu, 29 September 2010

4 Sebab Makan Siang Bikin Mengantuk dan Malas


ADA sesuatu yang kerap Anda rasakan selepas makan siang. Tanpa sadar, waktu terasa begitu lambat dan Anda pun merasa bosan dan mengantuk. Bila di kantor, Anda kerap tak kuasa menahan lelah sehingga meletakkan kepala Anda di meja.

Rasa lelah di siang hari merupakan dampak dari gaya hidup modern yang menuntut Anda selalu dinamis seakan tak memiliki kesempatan untuk santai hingga mengabaikan pola makan, terutama sarapan.

Di kantor, di saat-saat itu, Anda tentunya kerap melihat rekan berusaha terjaga dan mengusir kebosanan dengan berbagai upaya seperti minum kopi, jalan-jalan ringan, atau mengobrol sejenak. Namun, mengapa Anda justru 'menyerah' pada jam-jam tersebut dengan menunda-nunda pekerjaan padahal sebenarnya Anda dapat melakukan lebih?
Tampaknya, ada beberapa penyebab mengapa energi tubuh Anda cenderung menurun selepas jam makan siang. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kurangnya kualitas tidur
Sebagian dari Anda kerap membawa pekerjaan kantor ke rumah, baik itu dengan menelepon rekan kerja maupun bekerja dengan laptop. Atau, menonton televisi hingga larut malam. Hal-hal di atas otomatis akan mengurangi jam tidur. Padahal tidur utama pada malam hari sangat bermanfaat untuk memulihkan syaraf dan mengembalikan energi tubuh.

kebiasaan tidur larut malam dan bangun cepat kemudian bergegas ke kantor membuat Anda cepat merasa lelah di siang hari. Maka itu, usahakan menjaga dengan kualitas tidur Anda dengan tidak membawa pekerjaan kantor ke rumah seta mematikan ponsel dan televisi pada malam hari.

2. Jarang olahraga
Memang, meski tak berolahraga kiat tetap bergerak setiap harinya, terutama pada pagi hari. Namun, ada baiknya meluangkan waktu unutk berolahraga ringan apakah itu sekadar berjalan, joging, lompat tali, atau berlari di treadmill. Berolahraga memicu hormon bahagia yang memberikan rasa semangat ke tubuh.

3.Selalu merasa cemas
Kerap merasa stres tak hanya akan meningkatkan tekanan darah, tapi juga mengurangi konsentrasi. Sebisa mungkin upayakan agar tidak merasa gelisah dan tegang dan cobalah merasa tenang dan bahagia. Bersyukur pula atas pekerjaan, keluarga, dan lingkungan Anda. Bersyukur akan membuat Anda lebih bahagia.

4. Tak sempat sarapan
Kebanyakan orang yang merasa lelah menjelang sore hari biasanya mereka yang tidak sempat sarapan dan membalasnya pada saat makan siang. Pola makan yang tak teratur akan memengaruhi sekresi hormon dan menyebabkan rasa lesu. Melewatkan sarapan akan memicu nafsu makan sehingga Anda pun kerap kalap saat makan siang. (Pri/OL-06)


Sumber


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive