Rabu, 29 September 2010

Atasi Sakit Arthritis dengan Tai Chi


ANDA kesulitan bergerak dan merasa kesakitan akibat arthritis? Tidak harus menggunakan obat pereda rasa sakit. Cobalah melakukan tai chi. Metode latihan yang dikembangkan di China 2000 tahun yang lalu ini, terbukti bisa mengurangi rasa sakit akibat arthritis. Sebuah review studi terbaru yang dipublikasikan di Arthritis Care & Research edisi Juni menyatakan, melakukan tai chi bisa mengurangi rasa sakit dan kesulitan bergerak akibat arthritis.

Review studi ini mengambil data dari 7 studi. 5 studi melibatkan penderita osteoarthritis, studi ke-6 fokus pada penderita rematik arthritis, dan studi ke-7 melibatkan penderita sakit kepala kronis. Selain menggunakan pengobatan medis standar, beberapa pasien juga diminta mengikuti kelas tai chi setiap minggunya. Sebagai bahan perbandingan, pasien lainnya tidak mendapatkan petunjuk tai chi.

Jenis tai chi yang diajarkan dalam studi tersebut berbeda-beda dengan jadwal yang berbeda pula. Kelas tai chi berlangsung selama 6-15 minggu dengan 1-3 kelas per minggunya, bergantung pada studinya.

Hasil review dari studi-studi tersebut menunjukkan, pasien yang melakukan tai chi melaporkan mengalami penurunan rasa sakit dan kesulitan bergerak sebanyak 10 poin, dari skala 0-100 poin. Pasien-pasien tersebut juga melaporkan kurangnya ketegangan dan merasa lebih puas dengan kondisi kesehatan mereka dibandingkan dengan pasien yang tidak mengikuti kelas tai chi.

Tai chi bukanlah olahraga berat. Latihan ini merupakan perpaduan meditasi dan serangkaian gerakan yang lambat dan disengaja. Gerakan ini mungkin tidak asing bagi Anda kaena sudah sering melihat para orang tua melaukannya di taman kota atau Anda menyaksikan di TV.

Review studi di atas bukan satu-satunya bukti yang menunjukkan manfaat tai chi. Manfaat tai chi telah banyak didokumentasikan sebelumnya. Tai chi dinyatakan tidak hanya berfungsi meredakan stres tetapi juga menguatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Selain itu, gerakan-gerakan yang dilakukan dalam tai chi merupakan salah satu program latihan terbaik dalam meredakan masalah-masalah pada orang yang lebih tua.

Tidak perlu ragu untuk memulai, tai chi mudah dipelajari dan semua orang bisa melakukannya. Gerakannya yang anggun akan menjauhkan Anda dari peregangan berlebih pada tubuh dan persendian. Dengan begitu, bisa membantu meredakan rasa sakit.

Studi-studi sebelumnya juga telah menunjukkan kalau tai chi, jika dilakukan oleh orang tua, bisa menghadirkan ketenangan dan keseimbangan, meredakan kecemasan dan depresi, membantu orang tua tidur lebih nyenyak, mengurangi hilangnya massa tulang, membantu meredakan rasa sakit, serta membantu menyiapkan badan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Tai chi juga merupakan bentuk latihan yang sangat praktis. Anda tidak memerlukan peralatan apapun, serta tidak perlu membuat jadwal khusus. Selain itu, latihan ini bisa mempererat hubungan sosial dengan sesama pencinta tai chi lainnya. Kalau sudah bisa melakukan gerakan yang benar, Anda akan terhindar dari kemungkinan cidera. Dan tidak harus keluar rumah, kalau malas Anda bisa mempraktekkannya di rumah.

Anda tertarik? Mulailah dan rasakan manfaatnya.



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive