Minggu, 26 September 2010

Cegah Sumbing Tulang Belakang


TIDAK hanya bibir, ternyata tulang belakang pun bisa mengalami sumbing. Untuk itulah, semua perempuan usia subur (antara 16 dan 45) sebaiknya mengonsumsi asam folik meskipun mereka tidak berencana untuk hamil. Anjuran ini disampaikan oleh para pakar dari The Scottish Spina Bifida Association (SSBA) setelah melihat adanya peningkatan jumlah anak yang menderita spina bifida (sumbing tulang belakang). Ini merupakan sutau kondisi yang ditandai dengan adanya celah pada tulang belakang (vertebra). Celah ini terjadi karena bagian dari satu atau beberapa vertebra gagal menutup atau gagal terbentuk secara utuh.

Penelitian sebelumnya telah menemukan kalau suplemen asam folik efektif mencegah spina bifida. Karena itu, perempuan yang berencana hamil disarankan menggunakan asam folik selama 3 bulan sebelum pembuahan dan selama bulan pertama kehamilan.

Akan tetapi, menurut pakar SSBA, cara ini kurang tepat mengingat kehamilan seringkali terjadi tanpa direncanakan sebelumnya."Jika begini, sama saja dengan terlambat," tutur Juru Bicara SSBA, seperti dikutip situs dailymail. Karena itu, perempuan yang sudah memasuki usia subur dan aktif secara seksual disarankan mulai mengonsumsi asam folik. Hal ini untuk mengurangi efek spina bifida yang seringkali memicu kelumpuhan mulai dari pinggang ke bawah serta kerusakan lain yang berhubungan dengan kerusakan sistem saraf.

Menurut ketua SSBA Dr Margo Whiteford, jumlah kasus spina bifida semakin meningkat. Kami, terang Whiteford, belum tahu pasti apakah hal ini disebabkan oleh asam folik. Tetapi, terang dia, sangat banyak perempuan yang tidak mengonsumsinya pada saat yang tepat."Para perempuan tahu kalau asam folik bisa mencegah spina bifida, tapi mereka menunggu kehilangan waktu dulu baru menggunakannya."

Saraf tulang belakang, lanjut Whiteford, sudah mulai terbentuk dalam empat minggu pertama kehamilan."Jika bayi memang terkena spina bifida, maka sudah akan terjadi pada durasi empat minggu pertama ini."

Berdasarkan anjuran The Food Standards Agency, perempuan hamil sebaiknya mengonsumsi 400 microgram suplemen asam folik hingga minggu keduabelas kehamilan. Selain itu, dianjurkan juga mengonsumsi makanan yang mengandung asam folik alami seperti sayuran hijau, beras merah, dan sereal. (OL-08)




Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive