Minggu, 26 September 2010

Makanan Tepat untuk Setiap Kondisi


ANDA tengah stres, sakit kepala, atau mual? Selain pengobatan, ternyata makanan yang tepat juga ampuh untuk mengatasinya. Menurut para ahli, beberapa makanan dapat bertindak sebagaimana obat untuk menyembuhkan kondisi Anda. Berikut beberapa makanan yang mesti dimakan untuk mengatasi setiap kondisi yang Anda alami.

1. Makanan untuk atasi sakit kepala
Atasi nyeri kepala Anda dengan minum air atau memakan buah yang kaya akan cairan seperti semangka. Ahli nutrisi Stella Metsovas menerangkan, "Air yang terdapat pada buah semangka dan buah lainnya ampuh untuk meredakan sakit kepala karena kaya akan mineral dan magnesium. Dan ampuh juga meredakan nyeri kepala yang berdenyut. Makanan lain yang juga kaya akan air di antaranya timun, melon, tomat, beri, dan daun selada.

2. Makanan untuk atasi stres
Menurut para peneliti, memakan 1,4 ons dark chocolate per harinya dapat meredakan stres dengan menekan hormon cortisol dan catecholamines dalam tubuh. Sehingga, kecemasan pun berkurang dan Anda pun dapat lebih tenang dalam menjalani rutinitas.

3. Makanan saat keletihan
Saat merasa letih, jangan buru-buru membuat kopi, tapi buatlah sandwich atau roti isi, kata Heather K Jones, penulis buku bertajuk What̢۪s Your Diet Type? Buatlah roti isi kacang dan pisang. Pisang kaya akan sumber energi seperti karbohidrat, kalium, dan serat. Saat digabungkan dengan kacang dan roti gandum, Anda tentunya akan lebih memiliki stok energi.

4. Makanan saat sulit tidur
Ini dia sup miso! Ya, makanan khas Jepang ini mengandung tryptophan, serotonin, dan asam amino yang dapat membatu Anda tidur cepat. Makanan lain yang juga mengandung tryptophan antara lain yoghurt Yunani, sup miju-miju, biji bunga matahari, dan kalkun.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur yaitu alkohol dan gula, termasuk buah. Hal itu karena kandungan insulin pada gula akan membuat Anda merasa terjaga.

5. Makanan atasi mual
Kunyahlah permen jahe untuk atasi mual. Makanan pedas sekaligus manis ini dapat Anda beli di berbagai supermarket dan toko. Para peneliti pun percaya jahe dapat mengatasi rasa mual dengan cara memberikan rasa tenang dalam perut dan bertindak sebagai zat antiinflamasi untukmengurangi mual. (Pri/OL-06)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive