Minggu, 26 September 2010

Lima Rempah Pelangsing Badan


TAHUKAH Anda? Ternyata bumbu-bumbu yang biasa kita simpan dan gunakan untuk memasak memiliki khasiat lebih. Selian dapat membuat masakan menjadi lebih lezat dan gurih, bumbu-bumbu dapur juga bisa membantu kita menurunkan berat badan. Berikut lima jenis bumbu tersebut:

1. Kayu manis
Dalam hasil studi yang dimuat di Diabetes Care pada 2003, disebutkan bahwa satu sendok teh per harinya mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengurangi berat badan dengan cara menurunkan kadar gula darah dan mendorong proses karbohidrat yang lebih menyehatkan. Kayu manis juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sebesar 7-27 persen dan total kolesterol sebanyak 12-26 persen. Ditambah lagi, kayu manis terbukti mampu mencegah gejala metabolis pradiabetes. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena kayu manis mengandung zat kimia bernama kumarin yang bisa merusak hati.

2. Cabai rawit
Kandungan utama pada cabai, kapkaisin, dalam beberapa penelitian terbukti mampu membakar lemak dan memiliki kemampuan termogenik yakni mampu merangsang sistem saraf pusat untuk menghasilkan panas tubuh sehingga meningkatkan pembakaran kalori. Bila Anda bukan penggemar makanan pedas, jangan khawatir, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa khasiat cabai rawit untuk menurunkan berat badan sama saja bila dikemas dalam bentuk lain seperti kapsul atau pil.

3. Lada hitam
Di antara banyaknya khasiat bumbu dapur yang satu ini, yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Apalagi, bahan utamanya, piperin yang juga memberikan rasa panas atau pedas, mampu meningkatkan metabolisme lemak hingga 8 persen beberapa jam setelah memakannya. maka itu pilihkan lada hitam sebagai bumbu untuk masakan Anda ketimbang jenis merica lainnya.

4. Biji sawit
Seperti halnya bumbu dapur lain yang disebutkan di sini, biji sawit juga membantu meningkatkan metabolisme dan membuat pembakaran lemak tubuh lebih cepat karena kemampuan termogeniknya. Para ahli di Institut Politeknik Oxford di Inggris menemukan bahwa memakan satu sendok teh biji sawit dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 20-25 persen setelah makan sehingga dapat menambah pembakaran sekitar 45 kalori bila Anda memakan total 700 kalori.

5. Jahe
Sejak lama, selain sebagai bumbu dapur, jahe juga digunakan untuk obat. Jahe merupakan diuretik yang efektif yang mampu meningkatkan eliminasi urine. Selain itu, jahe meningkatkan mobilitas lambung sehingga mendorong makanan dan sampah segera keluar dari tubuh dan menghambat penyerapan kolesterol. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive