Selasa, 28 September 2010

Yoga Surya Namaskar Ampuh Hasilkan Keringat


SURYA namaskar adalah salah satu jenis yoga yang telah lama dipraktikkan di India dan kian hari, peminatnya pun semakin banyak. Latihan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, baik untuk tubuh maupun pikiran.

Surya namaskar berarti gerakan memuja matahari dan diartikan sebagai penghormatan pada matahari. Gerakannya pun holistik karena menyentuh segala ruas tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki. Karena itu, tak mengherankan bila gerakan-gerakan yang ada dalam surya namaskar memancing keluarnya keringat.

Sebenarnya ada 12 gerakan dalam surya namaskar, tapi lakukanlah terlebih dahulu gerakan awal supaya bisa melangkah ke tahap selanjutnya:

1. Tahap pertama
Berdiri menghadap timur (matahari). Jika tidak memungkinkan, menghadaplah ke utara. Berdiri dengan tumit dan jari kaki berdekatan, tingkat lutut dan punggung tetap lurus. Anda mesti santai, lalu buang napas dan angkat kedua telapak tangan sejajar dengan dada seperti posisi berdoa.

2. Tahap kedua
Tarik napas perlahan-lahan, regangkan lengan ke atas kepala dan lengkungan ke belakang tubuh dengan mudah.

3. Tahap ketiga
Buang napas perlahan-lahan dan jaga kepala Anda di antara mengangkat tangan, membungkuk ke depan dari pinggang sampai telapak tangan menyentuh tanah di kedua sisi kaki. Lengan lurus pada siku. Telapak tangan di pergelangan tangan ke arah luar. Dahi harus menyentuh lutut. Lakukanlah gerakan secara benar agar tak menimbulkan cedera otot atau sendi.

Beberapa manfaat gerakan surya namaskar yaitu:
1. Surya namaskar paling baik dilakukan pada pagi hari karena dapat mengatasi kekakuan dan merevitalisasi tubuh serta menyegarkan pikiran. sehingga Anda akan merasa berstamina dalam menjalani aktivitas selama seharian penuh.
2. Selain bermanfaat bagi sendi,ligamen serta memperbaiki postur dan fleksibilitas tubuh, surya namaskar dapat memperbaiki emosi serta kesehatan jiwa. Karena itu, bila berlatih gerakan ini secara teratur, stres akan berkurang dan Anda pun akan merasa damai sehingga mampu berkonsentrasi lebih.
3. Surya namaskar menstimulasi setiap sistem tubuh, terutama sistem kardiovaskular karena mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan sistem syaraf.
4. Mampu menjaga fungsi kelenjar endokrinal sperti tiroid, paratiroid, dan kelenjar hipofisi agar bekerja secara normal.
5. Bila Anda mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari, surya namaskar akan membantu Anda tidur pulas tanpa menggunakan stimulan. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive