Rabu, 29 September 2010

Rahasia Perempuan yang Selalu Tampil Bugar


Mereka tidak flu saat musim hujan dan tidak demam saat kemarau. Mereka terhindar dari serangan kuman dan tidak diare saat banyak orang dilanda penyakit. Apakah Anda berharap menjadi salah satu dari perempuan perkasa ini?

Cobalah satu atau lebih bagus lagi kalau semuanya, rahasia-rahasia berikut:

Pijat

Lakukan pijat sekali dalam sebulan. Banyak studi menunjukkan bahwa pijat dapat mengurangi tingkat kecemasan, tekanan darah, dan detakan jantung. Penurunan ini akan menurunkan kadar stress Anda, dan ini adalah satu kunci untuk membangun kekebalan tubuh.

Mandi dengan air dingin

Masih banyak ahli kesehatan yang belum menganjurkan mandi air dingin. Tetapi Mary Ann Bauman,MD, penulis buku Melawan Kelelahan: 6 Langkah Sederhana untuk Memaksimalkan Energi Anda (Fight Fatigue: Six Simple Steps to Maximize Your Energy) mengatakan bahwa tidaka ada bahayanya mencoba mandi dengan air dingin.

Menurutnya mandi dengan air dingin bisa meningkatkan stamina, mengatasi sakit kepala sebelah, mengurangi rasa sakit, memperlancar sirkulasi darah, dan membuat perempuan bergerak lebih gemulai. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa mandi air dingin adalah rahasia dibalik keindahan payudara perempuan-perempuan Perancis.

Konsumsi jahe untuk mengatasi masalah pencernaan

Selama berabad-abad jahe sudah menjadi obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Para peneliti percaya kadungan jahe dapat menstimulus sekresi getah pencernaan, meningkatkan tekanan otot intestinal, dan membantu menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan.

Jahe dalam jumlah kecil (kurang dari 1000 mg) juga bagus dikonsumsi dalam periode singkat selama masa kehamilan.

Jahe ini dapat dikonsumsi dengan cara dicampur dengan teh, atau juga bagus langsung dimakan dalam keadaan segar.

Cuci tangan

Cucilah tangan Anda dengan sabun cuci tangan serta gunakan air hangat selama 20 detik. Gosok semua bagian tangan, jangan Cuma telapak tangan, periksa juga kebersihan kuku karena kuku sering kali merupakan tempat kotoran terselip. Keringkan tangan dengan handuk serta sediakan satu handuk yang berbeda untuk setiap anggota keluarga.

Kebiasaan cuci tangan ini dapat menurunkan resiko terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri E. Coli dan salmonella.

Konsumsi vitamin C dan zat besi yang cukup

Walaupun manfaat vitamin C dan zat besi untuk mencegah flu masih kontroversial, beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin C sangat berguna khususnya bagi orang-orang yang mengalami stress berat, dan zat besi dapat mencegah virus memperbanyak diri. Para ahli mengatakan, tidak ada salahnya mencoba.

Neil Schachter, MD, direktur penanganan respirasi (respiracy care) Pusat Kesehatan Sinai di New York City menyarankan untuk mengkonsumsi 500 mg vitamin C setiap hari pada awal-awal ada gejala flu.

Perbanyak konsumsi bawang putih

Bawang putih kaya antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi peradangan.

Jika Anda cemas akan napas yang bau karena bawang putih, Anda tidak sendiri. Itu adalah hal yang wajar. Tetapi, sampai batas 2 siung perhari masih aman.

Tetaplah berpikir positif

Dalam satu studi, partisipan dengan aktivitas otak yang padat tetapi dipadukan dengan sikap yang positif memproduksi jumlah antibodi untuk flu yang lebih banyak. Studi lain menunjukkan bahwa orang-orang dengan pembawaan yang lebih ceria menghasilkan antibodi yang lebih banyak dalam merespon vaksinasi.

Anna L. Marsland, PhD, direktur Laboratorium Kebiasaan Imun (Behavioral Immunology Laboratory ) dari Universitas Pittsburgh mengatakan bahwa peneliti tidak menemukan hubungan yang jelas antara sikap-sikap positif dengan produksi antibodi. Tetapi, mereka sungguh-sungguh tahu bahwa otak berkomunikasi dengan sistem kekebalan tubuh, demikian juga sebaliknya.

Kalau Anda tidak selalu berpikiran positif, paling tidak Anda bisa belajar untuk mengurangi sikap berpikir negatif. Jangan terfokus pada gejala-gejalanya saat Anda sakit, dan cobalah menghindari asumsi-asumsi terburuk sepert,”Saya selalu sakit pada masa-masa seperti ini setiap tahun.”

Tetapi cobalah fokus pada kekuatan Anda dan bagaimana rasanya saat Anda menggunakannya. Secara perlahan, Anda akan menyadari bahwa pikiran positif ini jauh lebih berharga daripada pikiran-pikiran negatif. Mungkin Anda akan segera mengubah kepribadian Anda.


Mencuci hidung
Kedengarannya jorok, tetapi manjur

Sediakan air hangat, campur dengan sedikit garam. Kemudian miringkan kepala dengan lubang hidung sebelah kiri di bagian bawah, setelah itu tuangkan larutan ke dalam lubang hidung sebelah kanan. Cucilah larutan tadi maka banyak ingus akan ke luar dari sebelah kiri.

Peneliti-peneliti dari Universitas Michigan menemukan bahwa cara ini jauh lebih efektif daripada semprotan garam (saline spray) untuk membatasi keganasan dan keseringan timbulnya masalah-masalah sinusitis.


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive