Rabu, 29 September 2010

Jantung Sehat Berkat Maaf

KATA 'maaf' tentu akan sering kita dengar pada Hari Raya Idul Fitri saat kita kembali kepada fitrah karena dosa-dosa kita diampuni Allah SWT. Meski terkesan sepele, ternyata mengucapkan kata maaf sangatlah baik bagi kesehatan, terutama jantung kita.

Saat seseorang mengucapkan maaf kepada Anda, tak hanya merasakan ketenangan, tapi hal itu juga akan memberikan efek positif untuk kesehatan. Bahkan, menurut penelitian, perempuan yang menerima kata maaf akan mengalami penurunan tekanan darah. Terlebih bila telah menerima perlakuan buruk, kata maaf akan membuat tekanan darah kembali normal 20 persen lebih cepat. Memang fakta ini lebih efektif bagi kaum hawa. Sementara itu, pria membutuhkan waktu 20 persen lebih lama untuk kembali pulih setelah meminta maaf dan akan bekerja lebih setelah mendengar pengakuan bersalah.

Hasil itu ditemukan melalui penelitian yang dilakukan tim ilmuwan dari Universitas Ilmu Medis di Massachusetts Medical School di Worcester, AS.Para peneliti mengukur tekanan di astolik sebanyak 29 pria dan 59 perempuan.

Kedua kelompok itu masing-masing diminta menyelesaikan tes matematika dalam waktu 5 menit. Selama itu, partisipan diinterupsi sebanyak tiga kali oleh peneliti. Mereka dimarahi dan diperintah agar lebih cepat mengerjakan tugas. Di akhir tes, para peneliti mengatakan, "Kau tidak cukup baik." Namun, 2 menit setelahnya peneliti pun meminta maaf atas kekerasan yang mereka lakukan.

Partisipan perempuan yang menerima permintaan maaf menjadi lebih cepat tenang, sedangkan pria justru menjadi lebih gelisah. "Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kata maaf memberikan dampak positif bagi kesehatan seseorang, khususnya perempuan," menurut salah satu peneliti. Tekanan darah yang diukur dalam penelitian ini adalah tekanan darah di astolik yaitu tekanan dalam darah di antara detak jantung atau tekanan dalam arteri-arteri ketika jantung beristirahat setelah kontraksi. Jika tekanan darah terlalu tinggi, dapat memicu stroke atau serangan jantung.

Karena itu, manfaatkanlah Hari Raya Idul Fitri sebagai waktu untuk mengucapkan kata maaf sebanyak-banyaknya pada orang lain. Karena, selain dapat membersihkan diri dari dosa, Anda juga dapat menyehatkan jiwa orang lain. (Pri/OL-06)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive