Minggu, 26 September 2010

Cegah Bayi Cacat dengan Asam Folat


ASAM folat yang dikenal juga sebagai vitamin B9 atau folacin sangat penting untuk kesehatan, khususnya untuk perempuan yang sedang hamil. Menurut The U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asam folat mampu mengurangi risiko cacat lahir utama yang mengganggu tulang belakang dan otak hingga 70%.

Jika memungkinkan, asam folat ini sebaiknya mulai dikonsumsi paling tidak 3 bulan sebelum kehamilan. Jadi, ada baiknya saat merencanakan kehamilan mulai mengatur konsumsi asam folat.

Bagaimana dengan dosisnya? Berdasarkan anjuran CDC, seperti yang dikutip situs healthday, perempuan yang hamil atau berencana untuk hamil sebaiknya mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Anda bisa menggunakan multivitamin yang mengandung asam folat sesuai dengan dosis ini atau menggunakan suplemen asam folat secara terpisah.

Selain melalui suplemen, perempuan juga dianjurkan menambah asupan makanan yang kaya asam folik, seperti sereal sarapan pagi yang telah diperkaya dengan berbagai jenis vitamin dan mineral. Sebelum membeli, perhatikan label untuk memastikan kalau sereal tersebut mengandung 100% jumlah rekomendasi asam folat harian Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi sayur berdaun seperti bayam dan lobak cina, kacang kering dan kacang polong, sereal, biji bunga matahari serta buah dan sayuran lainnya. (OL-08)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive