Rabu, 29 September 2010

Siapkan Stamina untuk Mudik Lebaran


HARI Raya Idul Fitri kurang dari seminggu lagi, beberapa dari Anda tentunya sudah bersiap-siap atau bahkan tengah berada dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Namun jangan hanya mempersiapkan barang apa saja yang akan dioleh-olehkan kepada para kerabat, tapi utamakan juga fisik Anda agar dapat menempuh perjalanan mudik dengan stamina sehat.

Baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, kegiatan mudik pastinya akan menghabiskan energi Anda. Maka itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam mempersiapkan fisik supaya badan fit dan segar sehingga mudik pun berjalan lancar.

1. Cukup tidur
Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda tidur dahulu selama 6-8 jam. Dengan cukup tidur, tenaga akan terhimpun supaya badan tidak lemas selama perjalanan, terlebih bagi Anda yang mengemudi. Sebagai penumpang, kita bisa memanfaatkan waktu dengan tidur selama perjalanan. Namun, perhatikan posisi tidur supaya tidak kesemutan karena salah posisi tidur. Jangan tidur dengan meletakkan tangan di belakang kepala atau tertidur sambil duduk dengan posisi ketiak di sandaran kursi. Hindari juga duduk di kursi dengan menyilangkan kaki
terlalu lama.

2. Cukup makan
Mudik tentunya dilakukan ketika Ramadan saat kita berpuasa. Maka itu, hendaknya kita mempersiapkan diri dengan makan sahur dengan jumlah cukup. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Makan juga sayur dan buah karena sangat baik untuk pencernaan. Guna mencegah terjadinya perut kembung, hindari makanan seperti buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur. Kunyah makanan dengan perlahan untuk memudahkan proses pencernaan sehingga tidak terjadi pembentukan gas akibat proses fermentasi. Atau, minum teh jahe setelah makan karena dapat merangsang proses pencernaan makanan sehingga tidak terlalu lama berada di dalam usus kecil yang bisa memicu terbentuknya gas.

3. Mengonsumsi suplemen
Selain makanan bergizi, dianjurkan pula untuk mengonsumsi suplemen sebagai tambahan. Pilihlah suplemen dari bahan alami seperti habbatussauda dan madu. Hindari suplemen yang mengandung kafein karena hanya akan memberi kesegaran badan sesaat. Namun, ingatlah suplemen hanya bersifat sebagai tambahan maka jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bervitamin seperti sayur dan buah.

4. Bawa bekal
Untuk menempuh perjalanan jauh dan lama, persiapkan bekal makanan dan minuman. Dengan menyiapkan bekal, kita tidak perlu kesusahan membeli makanan atau minuman di jalan. Selain lebih bersih dan sehat, bekal makanan dari rumah jelas sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita masing-masing. Hindari membawa makanan yang mudah rusak atau basi supaya tidak mengalami keracunan makanan. Bawa pula air dalam jumlah yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

5. Bawa obat-obatan
Bawalah kotak P3K dan obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama perjalanan. Bagi penderita penyakit tertentu seperti kencing manis, siapkan apa saja yang harus dibawa ketika perjalanan terkait dengan penyakitnya seperti kartu identitas diabetes, obat-obat yang biasa dikonsumsi, dan alat cek gula darah (glukometer dan stripnya) supaya tidak mengalami kendala selama perjalanan.

6. Cukup istirahat
Manfaatkan waktu di sela-sela perjalanan untuk tidur atau sekadar merileksasikan tubuh. Istirahat sangat penting bagi pengemudi karena berpengaruh pada konsentrasi selama mengemudi. Faktor utama penyebab meningkatnya jumlah kasus kecelakaan pada saat mudik adalah pengemudi dalam keadaan mengantuk. Maka, jangan sepelekan istirahat.

7. Berdoa
Sebelum melakukan perjalanan, tentunya jangan lupa berdoa. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive