Minggu, 19 Desember 2010

HRT tidak Efektif Lawan Kanker Payudara

SEBUAH penelitian baru yang kontroversial yaitu penggunaan HRT (Hormone Replacement Therapy) bisa melindungi seorang wanita dari penyakit kanker payudara daripada pemicunya. Namun para peneliti di konferensi AS mengkritik kajian itu karena menyebabkan kebingungan di kalangan wanita karena hormon tersebut bekerja tidak signifikan.

Penelitian terbaru itu menguji efek estrogen dengan penggunaan HRT yang diresepkan pada wanita yang sudah mengalami pembedahan di kandungannya. Tetapi analisis baru yang didapat dari data yang dikumpulkan sebelumnya menunjukkan wanita yang tidak punya riwayat keluarga pengidap kanker payudara yang mengambil terapi tersebut berisiko 30-40% terkena kanker payudara. Temuan ini disajikan di San Antonio Breast Cancer Symposium.

Profesor Ragaz dan rekannya menganalisa ulang data dari WHI (Women Health Initiative) mengenai percobaan HRT. Studi WHI ini diluncurkan pada tahun 1991 mencakup lebih dari 161.000 peserta wanita berusia 50 hingga 79 tahun.

Sekitar satu juta wanita di Inggris saat ini menjalani HRT guna memerangi gejala menopause. Padahal satu dekade lalu berjumlah tiga juta perempuan.

"Pengurangan tingkat terjangkitnya kanker payudara pada wanita kandidat terapi HRT adalah penemuan baru. Padahal estrogen terkait dengan insiden yang lebih tinggi dari kanker payudara," ungkap Ragaz.

Paradoks in disebabkan karena estrogen mendorong perkembangan kanker payudara ketika hormon tersebut dihasilkan oleh tubuh. Namun tidak demikian bila diberikan melalui HRT.

Lebih dari setengah perempuan yang mengambil terapi HRT harus bersamaan menggunakan hormon progesteron untuk perlindungan terhadap kanker rahim.

Terkait perbedaan pendapat terapi HRT, Kepala Kebijakan Terobosan Kanker Payudara. Dr. Sarah Rawlings menyarankan agar setiap wanita yang ingin mengambil terapi HRT setidaknya perlu bicara lebih lanjut tentang risiko dan manfaatnya dengan dokter ahli mereka. (*/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive