Minggu, 19 Desember 2010

Vitamin C Bantu Cegah Sakit Encok

Sebuah studi menemukan, meningkatkan asupan vitamin C merupakan salah satu cara sederhana mencegah encok, salah satu bentuk arthritis yang paling umum dijumpai. Vitamin C, yang lebih dikenal berfungsi untuk melawan flu juga bisa mencegah encok.

Para peneliti menemukan, laki-laki dengan asupan vitamin C paling tinggi dari makanan dan suplemen mempunyai kemungkinan 45% lebih kecil mengalami kondisi yang sakit dibandingkan dengan mereka yang mempunyai asupan kalsium paling rendah. Vitamin C bisa ditemukan secara alami pada buah sitrus, brokoli, dan buah-buahan dan sayuran lainnya, tetapi sering juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen.

Peneliti Hyon K. Choi, MD, dari Boston University School of Medicine dan teman-temannya mengatakan, studi-studi lainnya telah menunjukkan bahwa vitamin C berperan mencegah encok dengan mengurangi kadar uric acid dalam darah. Pembentukan uric acid bisa memicu pembentukan kristal, yang akan berakumulasi di dalam tubuh, menimbulkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan yang dikaitkan dengan encok.

Dalam studi yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, para peneliti menganalisis hubungan antara asupan vitamin C dan encok pada 46.994 laki-laki sehat dari tahun 1986-2006. Para partisipan mengisi kuesioner berkaitan dengan asupan vitamin C melalui diet dan/atau suplemen vitamin C setiap 4 tahun. Selama masa studi, 1317 kasus baru encok didiagnosa diantara para partisipan.

Hasil penelitian menunjukkan, mereka dengan asupan vitamin C yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah mengalami encok dibandingkan yang lain. Contoh, laki-laki dengan asupan vitamin C 1500 miligram atau lebih per hari mempunyai risiko 45% lebih rendah mengalami encok dibandingkan dengan mereka dengan asupan vitamin C kurang dari 250 miligram per hari.

Hampir semua laki-laki dengan asupan vitamin C lebih dari 500 miligram per hari mengkonsumsi suplemen vitamin C. Para peneliti menemukan bahwa setiap 500 miligram vitamin C yang dikonsumsi laki-laki mengurangi risiko encok sebanyak 15%.

Para peneliti mengatakan, hasil studi ini menunjukkan bahwa suplemen vitamin C dengan kadar yang ditentukan dalam studi (kurang dari 2000 miligram per hari), merupakan cara yang aman dan efektif untuk mencegah encok.



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive