Minggu, 19 Desember 2010

Pengobatan alternatif Asma

Ada banyak pengobatan pelengkap dan pengobatan alternatif asma mulai dari latihan pernapasan sampai penyembuhan dengan menggunakan herbal. Belum banyak informasi mengenai keberhasilan pengobatan ini, tetapi banyak orang yang mencobanya dan mengklaim merasa lebih baik. Berikut bukti-bukti yang mendukung:

3 pengobatan alternatif asma yang menjanjikan:

Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menetukan tingkat keefektifannya, tetapi latihan pernapasan, yoga dan latihan fisik merupakan beberapa pengobatan pelengkap dan pengobatan alternatif asma yang paling menjanjikan.

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan bisa meningkatkan kualitas hidup Anda, mengurangi gejala asma serta mengurangi jumlah obat-obatan yang diperlukan untuk mengontrol asma. Berikut merupakan 2 latihan pernapasan yang yang telah diteliti:

1. Teknik pernapasan Buteyko. Teknik ini mengajarkan Anda untuk mengurangi frekuensi bernapas. Selain itu, teknik ini juga mengajarkan cara melakukan relaksasi dan pengurangan stres, penggunaan obat, nutrisi dan kesehatan secara umum.

2. Metode Papworth. Teknik relaksasi dan teknik pernapasan di sini meliputi pernapasan melalui perut, hidung dan cara mencocokkan pernapasan Anda dengan kegiatan apa pun yang Anda lakukan. Beberapa bukti menunjukkan, teknik ini secara signifikan mengurangi gejala-gejala asma. Jika Anda memutuskan untuk mencoba latihan pernapasan ini, Anda sebaiknya memperhatikan intstruksi dari video atau buku panduan.

Yoga

Jenis latihan ini sudah dilakukan selama ribuan tahun. Ada beberapa jenis yoga tetapi semuanya mengajarkan seri proses peregangan. yoga juga memadukan teknik-teknik pernapasan, yang bisa membantu mengurangi gejala-gejala asma. Walaupun masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk menentukan efektifitas yoga dalam mengatasi asma, melakukan yoga bisa meredakan stres dan meningkatkan kebugaran tubuh secara umum.

Olahraga

Anda bisa dan sebaiknya tetap aktif secara fisik jika menderita asma. Tetap aktif akan membantu mengontrol gejal-gejala asma dan menjaga Anda tetap sehat. Olahraga secara teratur akan menguatkan paru-paru sehingga paru-paru tidak perlu bekerja terlalu keras saat bernapas. Berusahalah untuk melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari.

Jika selama ini Anda tidak aktif, mulailah secara perlahan-lahan dan tingkatkan aktivitas fisik Anda secara perlahan-lahan. Anda tidak perlu melakukan semua aktivitas fisik Anda secara bersamaan. Melakukan sesuatu yang bisa memompa darah dan membuat Anda bernapas lebih keras untuk jangka waktu yang tidak terlalu lama, misalnya 10 atau 15 menit, akan bisa membantu.

Ingatlah, kalau berolahraga di cuaca dingin akan memicu munculnya gejala. Jika Anda berolahraga di suhu dingin, pakailah topeng wajah untuk menghangatkan udara yang Anda hirup. Dan jangan berolahraga di bawah suhu 0 derajat. Aktivitas seperti golf, jalan dan berenang tidak akan memicu gejala tetapi berkonsultasilah dulu dengan dokter untuk menentukan jenis olahraga yang aman untuk dilakukan.

Obat pelengkap dan obat alternatif

Walaupun sejumlah orang telah mencoba, belum ada bukti yang jelas apakah pengobatan berikut efektif untuk mengatasi asma.

Akupuntur

Akupuntur termasuk menusukkan jarum ke berbagai titik tertentu di bagian tubuh. Walaupun beberapa bukti menunjukkan kalau gejala-gejala asma makin membaik dengan pengobatan akupuntur, tetapi belum ada bukti yang cukup solid untuk membuktikannya.

Terapi relaksasi

Teknik terapi relaksasi meliputi meditasi, biofeedback, hipnotis dan relaksasi otot. Walaupun teknik-teknik ini bisa mengurangi stres dan membuat tubuh lebih bugar, tetapi masih belum jelas efektifitas teknik terapi relaksasi terhadap penyakit asma. Penelitian menunjukkan kalau teknik-teknik relaksasi otot bisa memperbaiki fungsi paru-paru.

Homeopati

Homeopati bertujuan untuk menstimulus respon penyembuhan pribadi dari tubuh dengan menggunakan sedikit substansi yang bisa menimbulkan gejala. Dalam penyembuhan asma, penyembuhan homeopati dibuat dari substansi yang biasanya memicu reaksi asma, seperti serbuk atau alang-alang.

Latihan otot

Teknik ini membantu menguatkan otot paru-paru dengan melakukan satu seri latihan pernapasan dengan menggunakan alat pernapasan khusus. Latihan paru-paru jenis ini seringkali digunakan untuk mengatasi penyakit paru-paru lainnya seperti penyakit pernapasan kronis, dan juga untuk menguatkan paru-paru setelah melakukan operasi tertentu. Belum ada data yang cukup untuk membuktikan efektifitas teknik ini dalam menangani asma.

Penyembuhan dengan herbal

Penyembuhan herbal termasuk ekstrak ginko dan tumbuhan merambat telah dicoba digunakan untuk membantu mengatasi gejala asma. Tetapi, studi-studi belum jelas mengenai keuntungan pengobatan herbal ini terhadap asma. Obat-obat herbal bisa menimbulkan efek samping dan berinteraksi dengan obat-obatan dari dokter, dan obat herbal ini mungkin tidak mempunyai dosis yang konsisten dan mungkin juga mengandung substansi yang berbahaya. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mencoba pengobatan herbal.

Pada sebagian besar kasus, diperlukan studi-studi yang lebih banyak untuk membuktikan efektifitas terapi dalam mengatasi asma. Tetapi, ingatlah kalau kurangnya bukti yang solid tidak berarti kalau pengobatan tersebut tidak efektif. Tidak ada salahnya mencoba, apalagi pengobatan ini terbukti aman dipadukan dengan pengobatan asma selain obat-obatan herbal, yang mungkin berbahaya bagi beberapa orang.

Jika Anda berniat untuk mencoba pengobatan alternatif atau pengobatan pelembab tersebut, pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter, dan teruskan pengobatan reguler Anda. Walaupun pengobatan alternatif ini membantu, tetapi kalau untuk mengontrol asma, pengobatan alternatif tidak akan bisa menggantikan obat-obatan medis dan saran-saran dari dokter.



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive