Minggu, 26 Desember 2010

Tertawa Menyehatkan Jantung

SERINGLAH Anda tertawa karena tertawa itu menyehatkan. Pepatah itu ada benarnya. Sebab tertawa merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan baik fisik maupun kejiwaan.

Para ahli telah menganalisis bahwa rata-rata setiap orang tertawa sedikitnya 18 menit per hari. Namun kini seiring dengan waktu dan perubahan gaya hidup, pada umumnya orang tertawa hanya 6 menit setiap harinya.


Dijabarkan, anak-anak mampu tertawa 300-400 kali setiap hari. Namun bagi orang dewasa jumlah itu berkurang drastis yakni 15 kali per hari. Padahal, tertawa secara medis telah terbukti baik untuk kesehatan.

''Tertawa merupakan aktivitas olahraga bagi paru-paru dan jantung. Saat seseorang tertawa, denyut jantungnya akan meningkat dan otaknya akan menjadi rileks,'' kata Dr S K Gupta, konsultan senior sekaligus ahli kardiologi di Rumah Sakit Indraprastha Apollo, India.

''Semakin lama, penyakit yang timbul akibat stres semakin banyak. Kini lebih dari 70 kasus penyakit yang ada disebabkan stres. Maka, untuk mengesampingkan perasaan itu, banyak yang beralih pada alkohol, rokok, dan obat-obatan. Padahal semua itu tak diperlukan andaikan saja mereka mengetahui betapa mujarabnya tertawa,'' ulasnya.

Berdasarkan hasil penelitian, tertawa dengan mulut terbuka merupakan gaya paling baik. Suara tawa akan terdengar bagus saat seseorang membuka mulutnya. Sebaliknya, suara tertawa seperti terkikik-kikik memiliki efek yang kurang baik. (TNN/OL-12)




Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive