Minggu, 12 Desember 2010

Propolis, Lem Lebah dengan Banyak Khasiat

SELAMA ini dari begitu banyak khasiat lebah bagi kesehatan manusia, yang paling populer yakni madu dan terapi sengat lebah. Namun, ada khasiat lain dari lebah yang ditengarai mampu menyembuhkan berbagai penyakit yakni propolis.

Propolis atau lem lebah adalah suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Zat ini dikumpulkan oleh lebah dari pucuk daun-daun muda kemudian dicampur dengan air liurnya digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Propolis bersifat disinfektan atau antibakteri sehingga mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah

Sejak puluhan abad lalu, propolis telah digunakan sebagai obat oleh masyarakat Yunani, Romawi, dan Mesir Kuno. Para pendeta di zaman Mesir kuno telah menggunakan propolis dalam ramuan obat-obatan mereka, sedangkan di Amerika, propolis juga digunakan oleh bangsa Indian dari suku Inca.

Kini, telah banyak penelitian berbagai negara yang membuktikan bahwa zat ini efektif sebagai obat untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan masuknya bahan kimia berbahaya ke tubuh (keracunan). Maka itu, tak mengherankan bila kini kita bisa menjumpai banyak suplemen propolois dengan berbagai merek.

Kata propolis diberikan oleh masyarakat zaman Yunani kuno. Dalam bahasa Yunani, kata propolis terdiri atas dua kata yaitu 'pro' dan 'polis'. Pro memiliki arti pertahanan dan polis berarti kota. Untuk itu, arti kata propolis adalah pertahanan kota. Kota yang dimaksud adalah sarang lebah, tempat lebah bekerja dan hidup.

Sarang lebah pun mengalami berbagai serangan dan gangguan yang mengancam kehidupan lebah. Serangan itu bisa berupa bakteri yang menimbulkan penyakit atau binatang-binatang kecil yang berusaha masuk untuk mengganggu mereka.

Sama seperti bagi para lebah, propolis digunakan manusia untuk melindungi tubuh manusia dari serangan bakteri, virus dan jamur. Kecepatan kerja dan keaktifan dari propolis dalam bereaksi menahan serangan kuman merupakan keunggulan dari propolis jika dibandingkan dengan bahan alami serupa lainnya. Efek perlindungan pun akan segera terasa sesaat setelah mengkonsumsi propolis.

Manfaat propolis untuk kesehatan manusia yakni:

1. Sebagai antibiotik, antiviral, dan antifungal alami tanpa efek samping.
2. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan bakteri seperti tifus dan diare.
3. Bisa mengatasi bau ketiak karena propolis akan mengatasi bakteri atau jamur penyebab bau tak sedap di lipatan ketiak.
4. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan virus misalnya : demam berdarah, flu, dan TBC.
5. Mengatasi penyakit yang berhubungan dengan jamur misalnya eksim, panu, keputihan, dan ketombe.
6. Sebagai antiperadangan (infeksi dan luka) seperti maag, luka luar, radang tenggorok, sakit gigi, radang ginjal, lebam, dan luka bakar.
7. Sebagai antikanker dan mutagenesi sel seperti kanker tumor, miom, dan kista.
8. Membersihkan pembuluh darah dan detoksifikasi atau pembuangan racun seperti asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, dan diabetes mellitus. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive