Minggu, 12 Desember 2010

Makanan Sehat untuk Sendi

NYERI gejala arthritis tak hanya dapat diredakan atau dicegah dengan berolahraga dan obat, tapi makanan tertentu juga bisa membantu. Pepatah makanan adalah obat tentu merupakan fakta, nyatanya dengan makanan tubuh bisa berenergi dan kita pun akan merasa senang.

Namun, memang makanan tidak dapat menyembuhkan arthritis. Anda harus tetap mengatasinya secara medis atau mengurangi berat badan. Namun setidaknya makanan bisa membuat sendi Anda sehat sehingga terhindar dari arthritis. Maka itu, bila esok Anda berencana berbelanja ke pasar, jangan lupa untuk membeli makanan berikut untuk menjaga kesehatan sendi Anda:

1. Stroberi
Buah ini baik untuk untuk sendi karena kaya akan vitamin C. Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa vitamin C bisa mencegah perkembangan nyeri sendi dan penipisan tulang rawan. Sumber vitamin C lainnya yakni jeruk, persik, dan paprika merah.

2. Minyak zaitun
Sendi Anda dipastikan akan menyukai minyak ini karena kandungan polifenol di dalamnya bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

3. Ikan salmon
Ikan ini merupakan sumber nutrisi yakni vitamin D dan asam lemak omega 3. Bila tubuh Anda kekurangan vitamin D seperti kabanyak orang dewasa pada umumnya, memperbanyak asupan vitamin ini bisa membantu meredakan rasa nyeri sendi. Terlebih sejak lama asam lemak omega 3 memang diyakini baik untuk kesehatan tubuh karena sifat antiinflamasinya.

4. Teh hijau
Minuman ini mengandung zat antioksidan bernama katekin yakni zat antiinflamasi yang mampu menunda kerusakan tulang rawan pada penderita arthritis

5. Sayuran hijau
Perbanyaklah makanan nabati ke dalam menu makan Anda karena baik pula untuk sendi dan membantu meredakan peradangan. Sayuran hijau juga kaya vitamin K, nutrisi yang dinilai mampu mencegah osteoartritis.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari yakni:
1. Minyak jagung
Lemak dalam minyak jagung atau bunga matahari, dan kedelai mengandung banyak asam lemak omega 6. Meski lemak jenis ini sebenarnya tak membahayakan tubuh, beberapa peneliti menyarankan ketidak seimbangan antara omega 6 dan omega 3 bisa memicu peradangan.

2. Roti putih
Daripada roti putih lebih baik Anda membeli roti gandum. Roti gandum malah akan memberikan dua keuntungan yakni sebagai pereda radang dan seratnya bisa mengontrol berat badan. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive