Minggu, 19 Desember 2010

Aspirin Cegah Kerusakan Liver

Para peneliti dari Universitas Yale menemukan, aspirin bisa mencegah kerusakan liver yang disebabkan oleh paracetamol dan alkohol.

Mereka menemukan ini dengan melakukan percobaan pada tikus. Tikus yang terlalu banyak diberikan acetaminophen, kandungan aktif pada paracetamol, mempunyai kemungkinan mati yang lebih kecil jika mereka juga diberikan aspirin dalam dosis kecil.

Menurut para peneliti, aspirin bekerja dengan memblok reseptor zat kimia dalam sel liver yang memicu respon peradangan.

Mereka mengisolasi molekul-molekul tertentu, yang disebut TLR antagonist, yang juga bisa memblok reseptor ini, tetapi karena harga aspirin lebih murah, maka aspirin bisa menjadi terapi yang efektif.

Dr. Wajahat Mehal, pemimpin studi mengatakan, banyak agen seperti obat-obatan dan alkohol yang bisa merusak liver, dan mereka telah menemukan 2 cara untuk memblok jalan penyebab luka pada liver.

"Strategi kami adalah menggunakan aspirin sehari-hari untuk mencegah luka liver, tetapi jika terjadi luka, maka digunakan TLR antagonist untuk menanganinya."

Menurut Mehal, penemuan ini menawarkan kemungkinan untuk mengurangi rasa sakit dan penderitaan pasien yang menderita penyakit liver dengan cara yang baru dan praktis.



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive