Jumat, 17 Desember 2010

9 Cara Unik Kontrol Porsi Makan

KESULITAN mengontrol sekaligus menakar porsi makan tentunya bukan hanya akan menimbulkan masalah kegemukan, tetapi kegemukan juga akan menimbulkan masalah berikutnya. Berikut adalah trik untuk mengontrol porsi makanan Anda.

1. Makanlah perlahan
Makan terlalu cepat akan menjadikan Anda cenderung makan berlebihan. Organ pencernaan tubuh merespon tidak sama kecepatannya dengan makanan yang masuk ke tubuh. Jadi biarkan makanan masuk perlahan dan organ pencernaan membunyikan alarm bahwa tubuh Anda sudah kenyang.

2. Ambil napas
Setelah cucu tangan dan duduk di meja makan, jangan terburu-buru untuk menyantap makanan. Duduk dan mabilan napas, kemudian sadari bahwa makanan ada di depan mata akan dinikmati bukan sebuah perlombaan untuk menghabiskan.

3. Beri perhatian
Memberikan perhatian pada setiap makanan yang akan masuk ke mulut Anda. Anggap saja makanan adalah benda artistik yang akan membuat Anda menjadi terlihat menarik. Perhatikan tekstur, warna yang dihasilkan oleh bumbu dapur, komposisi warna sayuran, besaran makanan yang akan Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.

4. Selesaikan setiap gigitan
Jangan pernah memotong makanan selanjutnya sebelum makanan yang Anda kunyah di dalam mulut telah habis ditelan. Mulailah memotong bagian selanjutnya dan perhatikan bahwa Anda harus memotong sesuai dengan daya tampung mulut Anda. Usahakan tidak tersisa di garpu dan sendok makan Anda.

5. Potongan kecil
Potongan kecil yang biasa menjadi ukuran Anda, bisa diperkecil lagi menjadi dua bagian. Hal ini berguna untuk memperlambat Anda menyendok makanan selanjutnya.

6. Aktivitas
Jangan makan sambil melakukan aktivitas yang lainnya seperti menonton televisi, bekerja atau apapun. Makan dengan melakukan aktivitas tambahan akan mengurangi kenikmatan, menghilangankan pengalaman Anda terhadap makanan dan cenderung membuat Anda cepat merasa menginginkan makan kembali.

7. Kendalikan jumlah
Kendalikan jumlah makanan yang akan masuk ke mulut Anda. Saat di restoran, makanan terjadi, kemudian pilihlah makanan mana saja yang akan dimakan dan kurangi porsinya. Jika disajikan dalam satu piring, Anda tidak perlu menghabiskan semuanya.

8. Ganti ukuran piring
Jika selama ini Anda makan menggunakan ukuran piring dengan diameter yang lebar, beralihlah pada piring dengan diameter kecil. Piring lebih kecil akan membuat Anda mengambil makanan dalam jumlah yang lebih sedikit.

9. Tunggu waktu
Saat Anda memutuskan akan menambah makanan, tunggulah beberapa saat. Makanan belum tercerna sempurna hingga di lambung sehingga alarm lapar masih menyala. Jika memang dalam waktu 10 hingga 20 menit Anda memang masih lapar, makanlah, karena itu adalah lapar fisik. (*/OL-06)




Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive