Minggu, 26 Desember 2010

Rajin Berolahraga Bikin Awet Muda

BEROLAHRAGA memiliki banyak manfaat. Selain badan sehat, olahraga bisa membuat kita awet muda.

Kesimpulan itu dikemukakan para peneliti dari Universitas Saarland yang menemukan bahwa ukuran telomere pada sel imun, berkurang dengan cepat pada tubuh atlet yang rutin berolahraga.

Adapun telomere adalah sebuah pelindung pada kromosom yang membantu menstabilkan DNA, tapi akan memendek seiring dengan bertambahnya waktu.

Selama studi berlangsung, para peneliti mengukur panjang telomere pada sampel darah dua kelompok atlet profesional dan dua kelompok orang sehat nonperokok tapi tidak rutin berolahraga.

Hasilnya, terlihat bahwa latihan fisik yang dilakukan para atlet profesional mampu mengaktifkan enzim telomerase yang membantu menstabilkan telomere. Sehingga, mengurangi kemampuan telomere memperpendek leukosit, jenis sel darah putih yang berperan menangkal infeksi dan penyakit.

"Ini merupakan bukti nyata efek antipenuaan dari latihan fisik," kata ketua penelitian Dr Ulrich Laufs seperti dikutip BBC. "Data kami ini tentunya menambah pemahaman tentang dampak perlindungan kesehatan dari olahraga, khususnya potensi latihan fisik dalam mengurangi dampak penyakit yang disebabakan penambahan usia," tambahnya.(BBC/OL-12)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive