Minggu, 26 Desember 2010

Mata Bionik Kembalikan Penglihatan Tunanetra

TAK lama lagi, tunanetra akan mampu mendapatkan penglihatannya kembali berkat hadirnya mata bionik. Uji coba teknologi termutakhir ini telah digelar di Inggris dan hasilnya pun terbilang memuaskan.

Kini para ahli bedah di Rumah Sakit King's College, London, berharap bisa memilih enam pasien yang akan menjalani pemasangan mata bionik pada Maret 2011. Implan mikrocip alat ini dibuat oleh perusahaan asal jerman. Alat ini dipasang di bawah retina dan bekerja seperti halnya kamera digital dengan mengirimkan 1.500 jenis cahaya berupa sinyal listrik melalui syaraf ke otak. Alat ini didesain membantu pasien penderita pigmentosa retinitis, penyakit keturunan yang secara perlahan menghancurkan retina.

Alat ini pun sebelumnya juga telah diuji di Jerman untuk mengobati tiga pasien tunanetra. Setelah beberapa hari pascaoperasi, para pasien itu mampu melihat detail benda di atas meja, berjalan berkeliling ruangan, dan membaca jam. Hasil uji coba ini pun telah dimuat pada jurnal Proceedings of the Royal Society edisi November 2010. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive