Minggu, 19 Desember 2010

Terapi Sentuhan Atasi Stres

PEKERJAAN, hubungan yang kurang harmonis dengan teman serta segudang masalah lainnya seringkali menimbulkan stres. Stres bukanlah ujung permasalahan. Stres bisa memicu berbagai penyakit lainnya seperti serangan jantung, depresi, jenis kanker tertentu bahkan kadang-kadang menimbulkan niat untuk mengakhiri hidup. Oleh karena itu, stres tidak boleh disepelekan.

Tetapi, tidak perlu cemas, penelitian telah menemukan terapi baru yang sederhana tetapi efektif mengatasi stres. Sentuhan, yang merupakan akitivitas yang sederhana, terbukti efektif meredakan stres. Anda merasa stres? Biarkan orang tercinta Anda menggenggam tangan Anda dengan hangat.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Utah menunjukkan, sentuhan hangat bisa mengurangi kadar hormon stres dan tekanan darah. Studi ini memeriksa pasangan menikah berusia 20-39 tahun. Mereka menemukan, pijatan, sentuhan, pelukan dan ciuman bisa menyebabkan peningkatan jumlah hormon penenang oxytocin.

Sebuah studi sebelumnya yang dilakukan di Miami (Touch Research Institute) menunjukkan, pijat dan terapi relaksasi menguatkan mood dan fungsi kekebalan tubuh pada perempuan pengidap kanker payudara. Selain itu, pertumbuhan anak yang lahir prematur juga lebih cepat kalau lebih sering disentuh. Sentuhan juga terbukti efektif mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar glukosa pada anak yang mengidap diabetes.

Penelitian yang dilakukan di Virginia juga menunjukkan hasil yang menarik. Ketika menggenggam tangan suaminya, perempuan yang sedang merasa kesakitan mengalami pengurangan respon takut, bahaya, dan ancaman di bagian pusat otak.

Ada juga penelitian yang menunjukkan, bercengkerama dengan anjing juga bisa menenangkan dan menurunkan stres. Selain itu, juga berdampak positif terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh dan perlawanan terhadap penyakit.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu, terapi sentuhan telah terbukti efektif dalam berbagai studi. Ulurkan tangan kepada pasangan saat Anda stres dan genggam tangan pasangan Anda jika dia stres.


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive