Minggu, 19 Desember 2010

China Konsumsi 10 Kali Lipat Antibiotik

ZHEN Wu, wakil kepala State Food and Drug Administration (SFDA) mengklaim bahwa China mengomsumsi 10 kali lipat antibiotik per kapita. Pernyataan ini ia kemukakan saat menghadiri sebuah konferensi di Kota Haikou, Ibu Kota Provinsi Hainan selatan.

Wu mengatakan China memang mampu memproduksi 210.000 ton antibiotik setiap tahun. Namun begitu, ia mengimbau bahwa penggunaan zat antibitik berlebihan sangat berbahaya.

Antibiotik adalah segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.

Antibiotik bekerja sangat spesifik pada suatu proses, mutasi yang mungkin terjadi pada bakteri memungkinkan munculnya strain bakteri yang 'kebal' terhadap antibiotik. Itulah sebabnya, pemberian antibiotik biasanya diberikan dalam dosis yang menyebabkan bakteri segera mati dan dalam jangka waktu yang agak panjang agar mutasi tidak terjadi. Penggunaan antibiotik yang 'tanggung' hanya membuka peluang munculnya tipe bakteri yang 'kebal'. (*/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive