Jumat, 17 Desember 2010

Cara Cegah Sakit Punggung

ANDA pernah merasakan atau mungkin sedang mengalami sakit punggung bagian bawah? Lebih dari 90% sakit punggung ini disebabkan oleh lemahnya otot punggung atau otot perut atau keduanya. Dilihat dari pemicu ini, tentunya Anda dapat mencegah sakit punggung dengan mempertahankan postur tubuh yang baik sepanjang hari dan tentunya menguatkan otot-otot di kedua area tersebut.

Menurut para pakar, sakit punggung ini khususnya disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup modern yang memaksa punggung bekerja dengan cara yang tidak semestinya. Terlalu banyak duduk, bermalas-malasan, kurang olahraga, kelebihan berat badan serta stres kronis merupakan beberapa penyebab munculnya sakit punggung. Untuk mencegah dan menghindari munculnya kembali sakit punggung yang mengganggu, berikut beberapa tip yang bisa menjadi panduan Anda.

1. Postur tubuh yang baik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan dan menyadari setiap posisi tubuh Anda. Jadi, saat Anda menahan tubuh dalam posisi yang kaku, Anda akan segera menyadari munculnya ketegangan di otot-otot yang Anda gunakan untuk duduk atau berdiri, dengan menekan lengkungan alami tulang belakang. Dengan begitu, Anda bisa segera memperbaiki ke posisi tubuh yang benar.

2. Lakukan gerakan yang benar

Jika mengangkat barang, gunakan otot kaki, bukan otot lengan atau punggung. Jika hendak memungut barang yang berat, seperti tas belanjaan atau kotak barang, lengkungkan lutut Anda kemudian angkatlah, pertahankan agar punggung tetap lurus. Jika hendak bepergian keluar, lebih baik menggunakan tas ransel dibandingkan tas yang disandang di satu sisi bahu saja. Tas ransel akan membantu membagi beban dengan berat yang seimbang di kedua sisi tubuh.

3. Tingkat ketinggian

Jika hendak mengerjakan sesuatu, makan, atau membaca, buatlah agar hal-hal tersebut tepat berada di posisi yang lurus dengan mata, dengan kepala tegak. Dan tidak memaksa Anda untuk menjulurkan leher ke depan.

4. Posisi tidur yang benar

Hindari tidur telungkup. Saat perut tertekan ke bawah, maka akan cenderung melengkungkan punggung Anda. Akibatnya, rasa sakit akan meningkat. Di sisi lain, tidur telentang juga tidak terlalu nyaman karena cenderung melengkungkan lumbar. Tidur pada satu sisi tubuh dengan menekuk kaki di lutut, cenderung bisa meminimalkan stres tulang punggung dengan cara meluruskan lengkungan lumbar. Cobalan meletakkan 1 atau 2 bantal di bawah lutut untuk menarik pinggang ke atas, meratakan lengkungan lumbar dan mengurangi ketegangan di area tersebut.

5. Cobalah teknik-teknik relaksasi

Cobalah merelakskan otot-otot punggung saat Anda duduk di suatu tempat terlalu lama. Lakukan latihan peregangan untuk menarik punggung atas dan bawah. Tahan setiap peregangan selama 5-10 detik dan lepaskan secara perlahan.

6. Kenali dan bedakan rasa lelah karena bekerja dengan rasa sakit

Sangat penting membedakan kedua hal ini. Rasa sakit merupakan pertanda dari saraf kalau Anda melakukan hal yang salah. Saat mendapatkan sinyal tersebut, segeralah lakukan latihan ringan yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Cobalah memutar badan ke kedua sisi tubuh, memeluk lutut serta memiringkan tulang panggul.

7. Turunkan berat badan

Jika kelebihan berat badan, cobalah mengurangi berat di punggung Anda. Mulailah dengan latihan kardiovaskular paling tidak selama 3-5 kali seminggu. Aerobik merupakan saah satu jenis olahraga yang paling baik untuk mencegah sakit punggung. Dengan membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras dari biasanya, Anda bisa memulihkan kondisi fisik yang buruk dan menjadi penyebab sakit punggung.

8. Kuatkan otot-otot perut

Otot-otot perut adalah inti latihan fitnes Anda. Karena itu, pilihlah latihan-latihan yang bisa menguatkan otot perut.

9. Istirahatlah

Jangan duduk terlalu kencang dan hindari duduk di kursi lebih dari 30 menit dalam sekali waktu. Jadi, bangunlah dan berjalanlah ke sekeliling sebelum duduk kembali. Jangan duduk dengan memasukkan dompet datar di saku belakang Anda. Dompet ini bisa menambah tekanan pada saraf sciatic, yang bisa memicu sakit di punggung dan kaki.

10. Lakukan latihan untuk menguatkan punggung

Jika dilakukan secara teratur, latihan-latihan ini bisa menguatkan dan melenturkan otot-otot punggung. Jika masih pemula, ada baiknya menggunakan sabuk angkat beban untuk mencegah peregangan berlebih pada punggung bawah.



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive