Minggu, 05 Desember 2010

Serunya Peringati Hari AIDS Sedunia via Twitter

PADA 1 Desember 2010, masyarakat dunia memperingati Hari Aids Sedunia. Seluruh elemen masyarakat di berbagai belahan dunia memperingatinya dengan cara yang berbeda-beda. Namun, tujuannya satu yakni untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan penyebaran virus HIV.

Untuk tema Hari AIDS Sedunia tahun ini yaitu adalah Universal acces and human right atau akses universal dan hak asasi manusia. Dan, sejak 3 hari lalu 'world AIDS' telah menjadi trending topic di Twitter dan hal itu pun masih berlangsung hingga hari ini, Kamis (2/11), bahkan beranjak menjadi trenting topik utama.

Ini tentu menunjukkan betapa besarnya kepedulian para tweeps terhadap penyebaran penyakit mematikan ini. Dalam tweet mereka, para tweeps menyuarakan keprihatinan dan kepedulian dengan menyerukan berbagai bentuk pencegahan seperti kampanye penggunaan kondom. Seperti tweet @ArthurRossonero yang mengatakan, "Say yes to a healthy sex," dan @JasonLennon, "Today is world AIDS dayĆ¢€¦ say no to drugs, free sex." Harapan juga dilontarkan oleh Ingrid Wien yang berujar, "I want this disease off the face of the world. Now! do something!"

Tak hanya itu, para tweeps juga menyerukan penggunaaan twibbon atau gambar pita merah pada setiap foto akun Twitter sebagai bentuk kepedulian terhadap AIDS. Selain itu, ada pula seruan untuk menggunakan segala atribut berwarna merah seperti baju dan gelang.

Masyarakat Tanah Air juga tak mau ketinggalan, banyak pula yang menyuarakan dukungan serta kepedulian mereka terhadap penyakit yang telah merenggur banyak jiwa ini melalui akun Twitter mereka. Seperti @Recky Nickyoyang berujar, "Selamat Hari AIDSSedunia, jauhi AIDS, bukan orang yang mengidap penyakit tersebut." Adapula @Deiirafael yang mengatakan, "HariAIDS mengingatkan pada temanku yang sudah lama mengidap AIDS dan umurnya tak lama lagi. Tetap semangat kawanku!"

Namun, tak semuanya berpendapat bahwa peringatan ini merupakan hal yang positif. Ada pula beberapa tweeps yang menyatakan bahwa kampanye Hari AIDS Sedunia khususnya dengan menyerukan penggunaan kondom merupakan sebuah cara yang justru akan mendorong orang melakukan seks bebas. Seperti yang diutarakan @Pratamaabimanyu, "HariAIDS Sedunia tak ayalnya hari bisnis syahwat berkondom sedunia."

Berdasarkan laporan Program Bersama HIV/AIDS PBB (UNAIDS), pada 2008 terdapat 33,4 juta jiwa di seluruh dunia yang terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV) yang menyebabkan AIDS. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive