Minggu, 05 Desember 2010

Amerika Khawatir Triklosan Merusak Otak

SETELAH dilakukan penelitian lebih mendalam, ditemukan bahwa, pasta gigi dan sabun mengandung bahan kimia yang bisa menimbulkan risiko kerusakan pada bayi di dalam kandungan. Para ilmuwan pun merasa khawatir zat bernama triklosan akan memengaruhi para ibu hamil yang berujung pada berisikonya otak bayi mereka.

Mereka menemukan bahwa triklosan zat antibakteri ampuh yang telah dikembangkan semenjak 50 tahun lalu bisa menganggu aliran darah ke rahim sehingga bisa membuat otak bayi kekurangan oksigen yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

"Kami memang telah menyadari adanya bahaya ini, tapi kami mengakui belum dapat mengetahui berapa kadar bahaya tersebut secara detail," kata Margaret James dari Universitas Florida. Triklosan biasa digunakan dalam berbagai produk mulai dari pasta gigi, deodoran, dan sabun cuci tangan bahkan pada beberapa jenis mainan.

Untuk itu, pada awal tahun ini, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS berjanji akan mengkaji kembali mengenai keamanan zat tersebut. Dalam penelitian terakhir, pada uji coba terhadap domba, terlihat bahwa zat itu mengganggu enzim yang mengatur sirkulasi estrogen di rahim. Adapun estrogen berfungsi membuka aliran arteri utama yang membawa darah beroksigen ke dalam janin. Bila terlalu sedikit, arteri akan menyempit dan pasokan oksigen pun akan habis. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive