Minggu, 26 Desember 2010

Pil Kontrasepsi tak Pengaruhi Kadar Insulin

PARA perempuan kini tak perlu khawatir sebab setelah diteliti, alat kontrasepsi oral ternyata tidak memengaruhi kadar insulin. Hanya ada sedikit kenaikan pada perempuan yang menggunakan metode depot medroxyprogesterone acetate (DMPA), yakni kontrasepsi dalam bentuk suntikan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menjalani DMPA, kadar glukosanya meningkat cukup stabil selama 30 bulan dengan peningkatan terbesar pada enam bulan pertama. "Memang diperlukan penelitian lebih lanjut guna menentukan bagaimana perempuan penderita diabetes terpengaruh oleh DMPA atau alat kontrasepsi lainnya, tapi setidaknya hasil penelitian ini meyakinkan hasil bahwa perempuan nondiabetes tidak akan terpengaruh oleh alat kontrasepsi," kata Dr Abbey Berenson, profesor dari Department Obstetri dan Kandungan serta Direktur Pusat Penelitian Interdisipliner Women's Health.

Ada pula beberapa studi lain yang meneliti pengaruh kontrasepsi berat badan dan kepadatan tulang. "Bila digabungkan, semua hasil penelitian itu bisa membantu peneliti memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai mitos seputar alat pengontrol kelahiran beserta berbagai efek sampingnya yang belum terbukti secara ilmiah," kata Berenson. "Untuk itu, para dokter pun bisa memberikan penjelasa mengenai risiko dan manfaat metode alat kontrasepsi dan memutuskan metode yang paling tepat untuk pasien." Studi ini akan dipublikasikan pada Januari 2011 dalam jurnal Obstetrics and Gynaecology. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive