Minggu, 19 Desember 2010

Tai Chi Ringankan Nyeri Arthritis

SELAIN sebagai salah satu bentuk seni bela diri, tai chi ternyata memiliki manfaat tambahan bagi penderita arthritis. Ditengarai, dengan melakukan tai chi penderita arthristis akan mendapatkan keuntungan sari sisi fisik dan emosi.

Dengan melakukan tai chi, pasien osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan fibromyalgia akan merasa lebih baik, dan bergerak lebih mudah setelah mengikuti kelas tai chi selama dua minggu yang berupa latihan meditasi.

"Tai chi ampuh mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan kelelahan serta meningkatkan keseimbangan tubuh," kata pemimpin penelitian Leigh F. Callahan sekaligus profesor bidang kedokteran di Universitas North Carolina di Chapel Hill School of Medicine.

Tai chi merupakan bentuk latihan tubuh dan pikiran yang berasal dari 'Negeri Tirai Bambu' China. Gerakannya yang perlahan dan lembut disertai sistem pernapasan dan relaksasi yang mendalam sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Bila nantinya telah resmi dijadikan pengobatan bagi gejala arthritis, tai chi akan menjadi bentuk pengobatan yang terbilang murah dan mudah untuk berbagai kondisi lainnya. Tai chi memnag selama ini dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan baik secara mental maupun fisik. Profesor Callahan menuturkan, "Tai chi memang didesain untuk membantu orang menjadi lebih relaks dan fokus pada pernapasan dan gerakan mereka. Saat melakukannya, semua terasa begitu lambat dan perlahan, tapi sebenarnya memiliki sifat hati-hati dan memiliki tujuan."

Penemuan yang telah didanai oleh Yayasan Arthritis dan Pusan Pengawasan dan Pengontrolan Penyakit AS ini baru saja dipresentasikan pada pertemuan tahunan American College of Rheumatology di Atlanta. (LI/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive