Minggu, 19 Desember 2010

Sunitinib Harapan Baru Penderita Kanker Pankreas

PASIEN kanker pankreas kini memiliki harapan baru dengan hadirnya obat yang bisa menggandakan kesempatan mereka untuk bertahan hidup. Obat bernama Sunitinib ini merupakan obat pertama yang diresmikan sebagai perawatan bagi tumor pankreas neuroendokrin (NET).

Pemerintah Eropa akhirnya menyetujui penggunaan sunitinib untuk penyakit tersebut setelah hasil uji coba menunjukkan bahwa obat ini mempu meningkatkan kesempatan hidup pasien dari 5,5 bulan menjadi 11,4 bulan tanpa disertai gejala buruk.

Data lengkap tentang keberlangsungan hidup pasien secara keseluruhan memang belum tersedia. Namun, sejauh ini, pasien yang meminum sunitinib terbukti mampu bertahan hidup lebih lama jika dibandingkan mereka yang diberikan plasebo.

Penyakit NET berkembang di dalam sel islet yang memproduksi insulin di pankreas. Penyakit ini pada umumnya menyerang mereka yang berusia antara 40 dan 60 tahun.

Dr Juan Valle, onkologi medis di Universitas Manchester dan Christie dari NHS Foundation Trust menuturkan, "Setelah selama bertahun-tahun ini menganalisis perawatan terbaik bagi NET, akhirnya kami menemukan bahwa sunitinib mampu memberikan harapan bagi pasien yang hidup dengan penyakit NET yang memang sulit untuk disembuhkan ini."

Sunitinib, beredar di pasar obat Eropa dengan nama merek Sutent dan sebelumnya memang dikenal sebagai obat kanker ginjal stadium lanjut. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive