Minggu, 19 Desember 2010

Multivitamin dan Kalsium Kurangi Risiko Kanker

PEREMPUAN yang menggunakan tablet multivitamin bersamaan dengan suplemen kalsium, menurut temuan studi, berisiko lebih kecil menderita kanker payudara.

Peneliti tidak menyebutkan jenis vitamin yang spesifik. Tapi, studi ini mengindikasikan bahwa paduan beberapa vitamin secara bersamaan akan mendatangkan manfaat positif.

"Efek ini terlihat dengan penggunaan multivitamin, bukan hanya satu vitamin saja," tutur co-author studi Dr. Jaime Matta, seorang profesor di bidang farmakologi, fisiologi dan toksikologi dari Ponce School of Medicine di Ponce, Puerto Rico."Kemungkinan vitamin-vitamin bekerja lebih baik saat bersama-sama dibandingkan bekerja sendiri-sendiri," terang Matta, seperti dikutip situs healthday.com, Minggu (18/4).

Menurut Dr. Manuel Bayona dari Ponce, mengonsumsi multivitamin dan suplemen kalisum sangat bermanfaat dalam melindungi serangan kanker payudara."Kami tidak tahu vitamin yang mana karena mereka adalah multivitamin," tutur Bayona.

Temuan ini, terang peneliti, kelihatannya bertentangan dengan laporan sebelumnya. Menurut temuan sebelumnya, berbagai bentuk suplemen yang mengandung satu jenis vitamin termasuk E dan C tidak mencegah kanker payudara pada perempuan. Studi-studi lain mengindikasikan bahwa vitamin-vitamin dalam bentuk tunggal mempunyai efek perlindungan.

Peneliti menemukan, perempuan berusia lebih tua, memiliki kemampuan DNA memperbaiki diri rendah, sejarah keluarga menderita kanker payudara dan tidak pernah menyusui memiliki risiko lebih tinggi menderita kanker payudara.

Dan mengonsumsi tablet multivitamin, berdasarkan temuan studi, terbukti mengurangi risiko tumor sebesar 30 persen. Sedang suplemen kalsium mengurangi risiko hingga 40 persen.

Akan tetapi, direktur strategi epidemiologi nutrisi dari American Cancer Society, Marji McCullough, menyatakan bahwa temuan ini kurang meyakinkan."Bukti total hingga saat ini belum mendukung penggunaan vitamin dan kalsium untuk mencegah kanker payudara." (IK/OL-08)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive