Minggu, 19 Desember 2010

Diagnosis Melanoma dengan Infrared

SEBUAH perangkat termutakhir dengan cara kerja yang mirip dengan alat yang pernah kita lihat dalam film legendaris Star Trek ditengarai mampu merevolusi teknologi dalam mendiagnosis dan mengobati kanker kulit (melanoma).

Alat baru itu dikatakan mirip dengan teknologi dalam film Star Trek besutan JJ Abrams karena menggunakan sinar infra merah yang disasarkan ke kulit guna melihat keadaan kulit hingga sedalam 2 mm. Dengan begitu, dokter pun mampu mengetahui dengan akurat sejauh mana kanker telah menyebar.

Alat bernama VivoSight Multi-Beam ini telah diujicobakan pada sebuah rumah sakit di London, Inggris. Perangkat baru ini dikatakan merupakan sebuah revolusi dalam diagnosis dan pengobatan kanker kulit.

"Diagnosis awal yang akurat terhadap kulit sangatlah penting guna memastikan kondisi pasien yang sebenarnya," kata konsultan dermatologi Katie Lacy. "Dengan alat ini, kami tak hanya mampu memantau permukaan kulit, tapi juga melihat struktur di dalam kulit," tambahnya. VivoSight Multi-Beam akan mendeteksi jaringan yang ada di kulit, tak hanya di permukaan, tapi juga dibawah kulit yang lalu akan diperlihatkan dalam sebuah gambar yang jelas dan diperbesar.

Dengan alat ini pula, pasien tak perlu melalui proses biopsi yang menyakitkan. Ahli bedah Raj Mallipeddi mengatakan alat ini mampu membantu pengangkatan sel kanker dari dalam kulit. Caranya yakni dengan mengambil sedikit jaringan pada seseorang yang tengah menjalani pemeriksaan kanker kulit. Teknologi ini juga diharapkan mampu menyediakan cara noninvasif dan menghasilkan diagnosis yang lebih akurat karena dapat melihat jaringan dan struktur kulit yang tak mampu dilihat dengan mata telanjang. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive