Jumat, 17 Desember 2010

Tips agar Punggung Tetap Sehat

BAGI Anda yang menghabiskan waktu lama di depan meja atau komputer, sakit punggung tentu merupakan hal yang kerap dialami namun sering pula diabaikan. Padahal punggung memliki peran yang sangat besar dalam menjaga kestabilan tubuh. Maka itu, ada baiknya kita menjaga kesehatan punggung agar dapat senantiasa bugar dalam mengerjakan rutinitas sehari-hari.

Khusus untuk yang banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar punggung Anda tetap sehat.

1. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang. Bokong harus menyentuh bagian belakang dari kursi. Karena tulang punggung bagian pinggang kita agak melengkung ke depan, Anda dapat meletakkan bantal untuk menyangganya.

2. Guna mengetahui posisi terbaik saat duduk, pertama duduklah di ujung belakang kursi kemudian membungkuklah dalam-dalam. Lalu angkatlah tubuh sambil membuat lengkungan dengan pusat di pinggang sejauh mungkin ke depan. Kemudian kendurkan posisi tersebut kebelakang. Itulah posisi terbaik duduk Anda.

3. Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar seimbang.

4. Posisi lutut juga mempunyai peranan penting. Untuk itu, tekuklah lutut sehingga lebih tinggi dari pinggul.

5. Jangan menyilangkan kaki. Sebaiknya digunakan pijakan di bawah kaki, tapi posisi kaki tetap sejajar dengan lantai.

6. Usahakan istirahat setiap 30-45 menit dengan berdiri dan melakukan peregangan untuk sesaat.

7. Buatlah tangan Anda senyaman mungkin di atas meja. Jangan lupa, istirahatkan juga lengan dan siku Anda.

8. Jika ingin mengambil sesuatu yang berada di samping atau di belakang, jangan memuntir punggung Anda. Putarlah seluruh tubuh sebagai satu kesatuan.

9.Beberapa di antara kita tentu pernah mendengar senam punggung. Hal itu juga dapat Anda lakukan di sela-sela waktu luang Anda untuk memperkuat otot sehingga kerja tulang dan otot punggung seimbang, Selain melakukan senam, penguatan otot punggung bisa dilakukan dengan berolahraga jalan kaki selama 30 menit. (Pri/OL-08)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive