Minggu, 26 Desember 2010

Penyakit Favorit Si Kaya dan Si Miskin

MASYARAKAT yang tinggal pada daerah yang terbilang makmur ditengarai lebih rentan terkena beberapa tipe kanker ketimbang mereka yang tinggal di daerah yang terbilang miskin, menurut hasil laporan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa orang kaya lebih rentan terkena kanker payudara, prostat dan kulit, sedangkan orang miskin lebih rentan menderita kanker usus, leher rahim dan paru-paru, menurut Sydney Morning Herald.

Paul Grogan, Direktur Advokasi Dewan Kanker Australia mengatakan tingginya risiko kanker di daerah miskin tidaklah mengherankan mengingat tingginya konsumsi rokok dan rendahnya fasilitas kesehatan. Sementara itu, untuk masyarakat yang lebih berkecukupan, kata Grogan, kanker payudara memang telah dikenal sebagai penyakit perempuan kaya karena cenderung menyerang kaum perempuan yang hidup berkecukupan. Juga, mereka yang memilih menunda kehamilan atau tak memiliki anak sama sekali, semua itu berada pada golongan masyarakat makmur.

Adapun kanker prostat, jelas Grogan, juga cenderung dialami pria berkecukupan dan kanker kulit mungkin disebabkan paparan sinar ultraviolet yang intens. Meski banyak berkegiatan di dalam ruangan, orang sering kali menghabiskan waktu libur dengan berada di bawah sinar matahari dengan intensitas tinggi seperti berjemur. Paparan tersebut meningkatkan risiko terkena melanoma. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive