Minggu, 19 Desember 2010

Aspirin Kunyah Efektif Atasi Serangan Jantung

ASPIRIN merupakan salah satu obat yang digunakan dalam penanganan serangan jantung. Aspirin yang digunakan biasanya adalah aspirin tablet yang langsung ditelan. Tapi, para peneliti dari University of California, San
Diego, menemukan, aspirin kunyah diserap lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan dengan aspirin biasa yang langsung ditelan secara keseluruhan atau dikunyah dulu baru kemudian ditelan. Penemuan yang sederhana ini, terang peneliti, diharapkan bisa memperbaiki penanganan pasien serangan jantung.

Dalam studi ini, peneliti Sean Nordt beserta teman-temannya melibatkan 14 orang pasien yang berusia antara 20 dan 61 tahun. 13 dari partisipan adalah laki-laki dengan usia rata-rata 31. Sepanjang studi, setiap partisipan diberi sebanyak 1.950 miligram aspirin (setara dengan 6 tablet aspirin biasa).

Pasien ini dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok diberikan jenis aspirin yang berbeda. Satu kelompok diberikan aspirin tablet solid biasa dan pasien diminta agar menelan pil secara keseluruhan. Kelompok kedua diberikan tablet aspirin solid biasa, tapi pasien diminta untuk mengunyah dulu sebelum menelan. Kelompkik ketiga diberikan tablet aspirin kunyah, dan proses menelan dilakukan sambil mengunyah.

Selanjutnya, para peneliti mengukur kadar aspirin dalam darah. Menurut peneliti, aspirin kunyah secara konsisten menunjukkan tingkat penyerapan yang paling besar dan paling cepat."Penemuan ini mendukung rekomendasi untuk menggunakan formulasi tablet aspirin kunyah dalam mengatasi sindrom koroner akut," terang peneliti, seperti yang dikutip situs webmd. Sindrom koroner akut merupakan istilah medis untuk serangan jantung.

Panduan yang ada sekarang, tarng peneliti, menganjurkan agar pasien serangan jantung diberikan tablet aspirin. Pasien diminta mengunyah tablet sebelum menelan untuk mempercepat kerja kandungan anti pengentalan darah didalamnya.

Aspirin bekerja dalam waktu 15 menit untuk mencegah formasi pengentalan darah pada orang-orang yang mengalami penyakit arteri koroner. Satu tablet aspirin untuk dewasa mempunyai dosis 325 miligram. Studi ini menganjurkan penggunaan aspirin kunyah 325 miligram untuk mengatasi serangan jantung atau rasa sakit di dada yang terjadi. Akan tetapi, lanjut peneliti, jika tablet kunyah belum tersedia, pasien bisa mengunyah tablet aspirin biasa sebelum menelannya.




Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

armouris mengatakan...

lagi info tentang serangan jantung di SIHAT SELALU - Bagaimana Serangan Jantung Terjadi

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive