Minggu, 12 Desember 2010

Tokophobia, Bikin Perempuan Takut Melahirkan

ADA orang yang memiliki ketakutan atau fobia terhadap sesuatu, misalkan takut terhadap ular, laba-laba, dan ketinggian. Namun, ada pula perempuan yang memiliki ketakutan menghadapi persalinann yang dinamakan tokophobia.

Istilah tocophobia atau tokophobia berasal dari kata 'tocos' dalam bahasa Yunani yang berarti melahirkan dan 'phobos' yang berarti ketakutan. Memang belum ada data statistik mengenai jumlah penderita fobia ini di Amerika Serikat, tapi menurut data di Inggris, satu dari enam perempuan memiliki kecemasan berlebih terhadap persalinan dan jumlah itu diperkitakan akan meningkat.

Yang paling buruk, fobia ini bisa begitu mendalam pada beberapa perempuan hingga mereka akhirnya memutuskan untuk tidak melahirkan meski sangat mendambakan anak.

Sebuah studi yang melibatkan 26 perempuan yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry pada tahun 2000 menunjukkan bahwa menghindari persalinan karena fobia merupakan kondisi yang mengerikan yang bisa dialami perempuan yang menjalani persalinan pada usia muda dan dapat berlanjut ke persalinan berikutnya. Atau, bisa juga terjadi akibat adanya gejala depresi prenatal. Maka itu, untuk mengenalinya,para peneliti pun menyarankan agar kita segera memeriksakan diri ke dokter guna memastikan dan menangani kondisi tersebut.

Kehamilan memang bisa menjadi pemicu terjadinya perubahan emosi yang disebabkan tak hanya oleh perubahan hormon dan fisik, tapi juga perubahan psikologis. Munculnya depresi kadang meningkat selama masa kehamilan. Semuanya bergantung pada bagaimana perasaan Anda mengartikan kehamilan itu sendiri mulai dari bagaimana Anda bisa beradaptasi dengan kondisi tubuh yang kian membesar pada masa kehamilan, hingga bagaimana Anda menjaga diri baik secara fisik maupun emosi. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive