Minggu, 19 Desember 2010

Aspirin Pangkas 50 Persen Risiko Kematian Kanker

MENURUTilmuwan Inggris, meminum aspirian setiap hari bisa membantu mengurangi risiko meninggal akibat beberapa jenis kanker tertentu. Kesimpulan itu didapat setelah mereka menemukan bukti signifikan pertama bahwa aspirin mampu memangkas jumlah kematian akibat kanker setelah penggunaan selama lima tahun.

Pengurangan jumlah kematian itu bahkan mencapai 50 persen. Dikatakan semakin lama pasien meminumnya semakin baik perlindungannya terhadap sel kanker. Para ilmuwan menambahkan, orang berusia paruh baya, 45-50 tahun. yang mulai meminum aspirin dosis rendah dan rutin mengonsumsinya selama 20-30 tahun akan mendapatkan manfaat obat itu, terutama karena kanker muncul seiring dengan penambahan usia.

Sebanyak 75 mg dosis aspirin, seperempat dari ukuran standar 300 mg, mampu membantu mencegah serangan jantung dan stroke bahkan pada mereka yang sebelumnya tak pernah didignosis mengidap penyakit kardiovaskular.

Peter Rothwell, dari Rumah Sakit John Radcliffe, Oxford, yang mengepalai studi ini merasa yakin atas hasil penelitian yang ia lakukan. "Penemuan ini membuktikan bahwa aspirin mampu mengurangi risiko kematian akibat kanker," ujarnya seperti dikutip Daily Mail.

Hasil studi ini juga menemukan bahwa setelah lima tahun rutin meminum aspirin, tingkat kematian akibat keseluruhan penyakit kanker menurun hingga 34 persen dan menurun 54 persen pada kelompok penderita kanker pencernaan. Dibutuhkan waktu lima tahun untuk mengidentifikasi manfaat obat ini bagi beberapa jenis kanker seperti esofagus (tenggorok), pankreas, otak, dan beberapa jenis kanker paru-paru. Namun, memakan waktu sepuluh tahun agar fungsi perlindungan berlaku di perut dan kanker kolorektal serta membutuhkan waktu 15 tahun agar efektif pada kanker prostat. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Lancet edisi Desember 2010.(Pri).




Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive