Minggu, 19 Desember 2010

Pengobatan Alternatif Asma tidak Efektif

MENURUT studi terbaru yang digelar pihak Universite de Montreal telah menemukan bahwa hampir 13 persen orang tua yang anaknya merupakan penderita asma lebih memilih menjalani pengobatan alternatif.

Penemuan sebelumnya menunjukkan bahwa hampir 60 persen orang tua memercayai bahwa pengobatan alternatif lebih efektif. Padahal hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa cara alternatif seperti akupunktur, homeophathy, dan chiropractic efektif mengatasi asma," kata peneliti senior Francine M. Ducharme.

"Orang tua mungkin tak menyadari bahwa ada risiko dari pengobatan alternatif terhadap asma bahkan bisa merugikan kesehatan. Menurut hasil penelitian kami, anak-anak yang menjalani pengobatan alternatif cenderung dua kali lipat lebih berisiko penyakit mereka akan semakin memburuk ketimbang yang tidak menjalaninya," jelasnya.

Hasil itu didapat dengan memantau 2.000 keluarga yang mendatangi Pusat pengobatan Asma di Montreal untuk diberikan beberapa pertanyaan. Para orang tua ditanya apakah mereka menggunakan pengobatan alternatif untuk anak mereka.

Penelitian itu menunjukkan bahwa selama delapan tahun, minat terhadap pengobatan alternatif terbilang stabil yakni 13 persen. Dan, terlihat adanya kaitan antara tingkat minat terhadap pengobatan alternatif dan pengobatan medis dengan usia anak, etnik Asia, asma apisodik, dan pengontrolan asma yang buruk.

Pengobatan alternatif yang paling banyak dipilih yakni suplemen, homeopathy, dan akupunktur.

"Kebanyakan anak menjalani pengobatan seperti ini sebelum usia mereka mencapai 6 tahun. Berhati-hatilah karena ini bisa menimbulkan efek samping. Mengingat, hingga kini belum ada bukti pengobatan alternatif semacam itu efektif. Terlebih bagi anak-anak usia prasekolah penderita asma yang sebenarnya lebih sesuai menjalani pengobatan medis ketimbang alternatif," kata Ducharme. Hasil studi ini telah dimuat pada Canadian Respiratory Journal edisi Desember 2010. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive