Minggu, 05 Desember 2010

Jari Manis Panjang Berisiko Kanker Prostat

BAGI Anda kaum pria, kini ada cara mudah yang bisa mengetahui apakah Anda berisiko mengidap kanker prostat atau tidak. Cara mudah itu yakni hanya dengan melihat ukuran jari tangan.

Para ilmuwan menemukan bahwa pria yang telunjuknya lebih panjang daripada jari manis berisiko kecil mengidap penyakit itu. Berarti mereka yang memiliki jari manis lebih panjang punya risiko lebih terkena kanker prostat. Hal itu, kata peneliti, terkait dengan kurangnya paparan hormon seks testosteron di dalam rahim.

Para ilmuwan menemukan kesimpulan itu setelah menganalisis sebanyak 1.500 pasien kanker prostat dan sekitar 3.000 pria sehat. Para partisipan ditunjukkan gambar-gambar jari tangan dengan ukuran yang berbeda-beda dan diminta untuk mengidentifikasi gambar mana saja yang serupa dengan jari tangan mereka sendiri.

Lebih dari separuh kelompok penderita kanker prostat memiliki telunjuk yang lebih pendek ketimbang jari manis atau berukuran sama yakni sebesar 19 persen dari keseluruhan partisipan.

Pola itu bahkan semakin jelas pada pria berusia lebih dari 60 tahun. Mereka 87 persen berisiko lebih kecil terkena kanker prostat bila memiliki telunjuk yang lebih panjang.

"Penemuan menarik ini memberi arti bahwa ukuran jari tangan bisa digunakan sebagai totol ukur risiko kanker prostat bagi pria ketimbang menjalani proses screening. Supaya lebih signifikan tekni ini bisa dikombinasikan dengan sejarah medis keluarga atau tes genetik," kata Profesor Ros Eeles, dari Institut Penelitian Kanker. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive