Rabu, 01 Desember 2010

Kenali dan Cegah Penyebab Kembung

TAMPAKNYA, hampir setiap orang pernah mengalami perut kembung. Selain membuat kita merasa tidak nyaman, aktivitas sehari-hari pun bisa terganggu oleh kondisi ini. Perut kembung bisa disebabkan banyak hal mulai dari makanan hingga hormonal. Banyak yang mengatasi perut kembung dengan hanya mengoleskan minyak kayu putih. Tetapi ada beberapa cara lain yang terbilang efektif.

1. Pilih makanan kaya kalium
Zat mineral ini membantu keseimbangan cairan tubuh sehingga Anda akan terhindar dari perut kembung. Makanan yang kaya akan kalium di antaranya pisang, mangga, bayam, tomat, kacang, dan asparagus. Tak hanya kalium, semua makanan itu mengandung asam amino bernama asparagine yang juga berperan sebagai diuretik yang mengatasi kelebihan cairan di tubuh.

2. Buat mulut bergeming
Kurangi kebiasaan terlalu sering menelan ludah, mengunyah permen karet, minum dengan sedotan, merokok, dan berbicara saat makan. Karena, semua itu akan menyebabkan terlalu banyak cairan dan gas yang masuk ke tubuh.

3. Batasi gula
Beberapa orang, tubuhnya mengalami kesulitan mencerna pemanis buatan yang banyak dikandung pada permen bebas gula. Karena itu, mereka pun akan mengalami diare dan perut kembung. Jika Anda termasuk golongan ini, usahakan batasi asupan gula Anda dan pilih produk yang mengandung gula asli.

4. Konsumsi probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang bisa kita temukan dalam bentuk suplemen atau yoghurt. Probiotik mampu menyeimbangkan cairan tubuh dan bebas dari gas. Nyatanya, usus kaum perempuan memang lebih rentan terhadap bakteri. Gejala iritasi usus biasanya ditandai dengan nyeri perut, kembung, konstipasi, atau diare.

5. Persiapkan PMS
Bila Anda cenderung mengalami kembung selama masa menstruasi, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan mencukupi asupan kalsium (1.200 gram/hari) dan magnesium (200-400 mm/hari). Kedua nutrisi itu ampuh mengatasi sindrom pramenstruasi seperti perut kembung. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive