Minggu, 05 Desember 2010

Kombinasi Aerobik Bantu Penderita Diabetes

SETELAH dilakukan penelitian, para ilmuwan menemukan cara baru yang dapat membantu penderita diabetes. Dengan mengombinasikan latihan aerobik dan ketahanan, tingkat glikemik pasien diabetes tipe 2 meningkat signifikan ketimbang mereka yang tidak melakukannya.

Adapun indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan glukosa darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Namun, adanya peningkatan indeks itu tidak ditemukan pada pasien yang hanya melakukan aerobik atau latihan ketahanan saja.

Timothy S Church dari Universitas Louisiana bersama koleganya melakukan uji coba HART-D yang memperbandingkan 262 perempuan dan pria penderita diabetes tipe 2 yang telah melakukan latihan aerobik atau ketahanan saja dan kombinasi keduanya terhadap perubahan hemoglobin pada tubuh.

Setiap sukarelawan menjalani uji coba selama sembilan bulan antara April 2007 dan Agustus 2009. Sebanyak 41 persen partisipan tidak diikutsertakan dalam latihan apa pun, 73 ikut dalam latihan ketahanan, 72 ikut kelas aerobik, dan 76 orang ikut latihan kombinasi kedua latihan itu.

Para peneliti menemukan adanya perubahan absolut kadar HbA1c pada mereka yang melakukan kombinasi latihan. Baik pada kelompok yang melakukan latihan resistansi atau aerobik saya, tidak ditemukan adanya perubahan. "Hanya mereka yang melakukan latihan kombinasi yang menunjukan hasil yang signifikan. Terlihat, konsumsi oksigen pada kelompok itu meningkat tajam jika dibandingkan dengan kelompok lainnya. Lingkar pinggang mereka pun berkurang," ujar salah satu peneliti. Penemuan ini telah dipublikasikan pada jurnal JAMA edisi 24 November 2010. (Pri/OL-06)



Sumber
MediaIndonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
fikirjernih
Puisi-Puisi Ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive