Selasa, 29 Juni 2010

Cinta Jauhkan Remaja jadi Pemabuk


STUDI dengan hampir 5.000 remaja ini menemukan, didikan hanya mempunyai pengaruh kecil terhadap kemungkinan remaja mencoba alkohol. Tapi, asuhan tersebut sangat memengaruhi kecanduan remaja terhadap minuman tersebut.

Remaja dengan 'orang tua yang keras', orangtua yang mengekang anak dan berjuang untuk menunjukkan emosi, berisiko lebih dari dua kali lipat menjadi peminum berat dibandingkan remaja dengan orang tua yang perhatian dan penuh cinta.

Temuan ini, terang peneliti, bukan berarti bahwa anak muda bebas memegang kendali. Pasalnya, remaja dengan prangtua yang hanya memberikan sedikit perhatian atau tidak memberikan perhatian sama sekali justru lebih berisiko menjadi peminum berat.

Sedang memiliki orangtua yang tidak perhatian tapi penuh kasih, menurut temuan studi yang dipublikasikan di Journal of Studies on Alcohol and Drugs ini, hampir melipattigakan kemungkinan menjadi peminum berat.

Dalam studi ini, peneliti mempelajari anak muda berusia 12 hingga 19 tahun. Mereka diminta memberikan keterangan mengenai kebiasaan minum dan hubungan mereka dengan orangtua.

"Meskipun orangtua tidak mempunyai pengaruh besar terhadap kemungkinan anak remaja mereka mencoba alkohol, mereka mempunyai pengaruh signifikan terhadap kebiasaan minum yang berbahaya," tutur peneliti Profesor Stephen Bahr dari Brigham Young University di Utah, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (24/6).

Selain itu, studi juga mengungkap, remaja yang religius berisiko lebih kecil minum alkohol. Selain itu, anak muda cenderung mempunyai teman yang tidak peminum jika orangtua mereka hangat dan bertanggung jawab.

"Meskipun teman sangat penting, orangtua juga mempunyai pengaruh. Orangtua perlu menyadari bahwa mereka perlu memiliki tanggung jawab dan dukungan dalam hubungan dengan anak remaja," tambah Bahr.

Para orangtua, lanjut Bahr, harus memastikan bahwa ini tidak hanya masalah mengontrol perilaku."Anda perlu mengetahui bagaimana anak remaja Anda mengabiskan waktu saat jauh dari rumah dengan hubungan yang hangat dan penuh kasih." (IK/OL-06)


Sumber
mediaIndonesia.com


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

LABELS

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Lijit Search Wijit

Blog Archive